Rabu, 22 Januari 2020 17:24

Tradisi Lebaran Ketupat di Jombang, Lepas Ratusan Balon Udara Raksasa ke Langit

Rabu, 13 Juli 2016 12:30 WIB
Wartawan: Rony Suhartomo
Tradisi Lebaran Ketupat di Jombang, Lepas Ratusan Balon Udara Raksasa ke Langit
Warga sedang menyiapkan balon udara ramai-ramai. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang ternyata punya cara unik untuk merayakan lebaran ketupat atau biasa disebut Kupatan, Rabu (13/7). Tak hanya dengan kenduri makan ketupat bersama, tapi ratusan warga ini punya tradisi menerbangkan Balonan bersamaan di tiap musala.

Usai shalat subuh, ratusan warga Desa Bandung mulai berduyun-duyun memadati Musala Baiturrahim. Dengan tumpeng ketupat sayur di tangan, mereka nampak ceria berbalut busana baru lebaran.

Tradisi kenduri atau selamatan pun dimulai. Ujung kalimat doa dari tokoh agama yang memimpin, menjadi tanda bagi warga untuk santap bersama. Suasana rukun, guyub begitu kental.

"Tradisi seperti ini sudah sejak 80 tahun lalu. Kenduri ketupat ini artinya kami saling memaafkan kesalahan sesama. Karena segala kesalahan akan dimaafkan Allah SWT," kata tokoh agama Desa Bandung, Masruri.

Selain kenduri ketupat, Desa Bandung ternyata punya tradisi yang bertahan sejak 80 tahun lalu. Balonan namanya. Konon nama tradisi ini berasal dari kata dari Bahasa Arab, 'billaun'. Masyarakat memaknainya sebagai aneka macam kegiatan selama bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri.

Balonan merupakan salah satu kegiatan itu. Sebagai penutup perayaan lebaran ketupat, warga secara serempak menerbangkan balon udara raksasa dari setiap musala di Desa Bandung.

Sedikitnya, 200 balon udara dilepaskan warga setempat. Tak pelak, langit pagi di Desa Bandung pun berhiaskan balon warna-warni menyerupai ruang pesta terbuka.

"Kalau melepaskan balon-balon maknanya kebersamaan dalam melepaskan dari segala kesedihan, kesusahan untuk membentuk kehidupan yang baru lagi," terang Masruri.

Tradisi Balonan dan Kenduri Ketupat pun berakhir seiring lenyapnya ratusan balon udara di cakrawala. Dengan suka cita, warga Bandung kembali ke rumah mereka masing-masing. (ony/dio/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...