Ratusan Warga di Jombang Dapat Bantuan Sembako dari Pengusaha Tionghoa

Ratusan Warga di Jombang Dapat Bantuan Sembako dari Pengusaha Tionghoa Candra Iwanto alias Cing saat membagikan ratusan paket sembako pada warga yang kurang mampu di Kelurahan Kaliwungu. Foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Seorang pengusaha nonmuslim, Candra Iwanto, membagikan ratusan paket sembako pada warga yang kurang mampu di Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Sabtu (15/04/23) sore.

Sedikitnya ada 600 paket sembako yang dibagikan pengusaha nonmuslim ini setiap menjelang lebaran. Menjelang pelaksanaan, Candra terlebih dahulu membagikan kupon di 13 RT yang ada di Kelurahan Kaliwungu untuk ditukarkan dengan sembako.

Mereka yang menerima kupon berwarna merah langsung berbaris untuk mengantre agar tertib. Seperti yang dilakukan Tatik (45), warga setempat.

"Saya sudah dua tahun mendapat kupon sembako dari Pak Candra. Ini isinya, beras, gula, minyak goreng, serta tepung. Alhamdulillah bisa buat lebaran," ucapnya.

Satu per satu paket sembako dibagikan langsung oleh Candra. Dengan telaten, ia melayani semua warga yang hadir. "Ayo yang lansia dulu. Sini maju ke depan," ucap pengusaha yang akrab disapa Cing ini.

Diakui Cing, bahwa semua warga adalah saudaranya. Saudara dalam kemanusaiaan. Bahkan Cing sempat bercanda saat sambutan acara. "Seluruh warga Kaliwungu ini saudara kandung saya. Saudara lain ayah, lain ibu," ucapnya.

Dikatakan, sudah 31 tahun ini dirinya melakukan kegiatan sedekah menjelang lebaran. Tidak ada pamrih apa-apa, semua didasari persaudaraan dan keikhlasan.

Bukan hanya Idul Fitri, saat Hari Raya Idul Adha, Candra menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada warga sekitar.

"Kami tidak memandang, suku, agama, dan warna kulit. Tujuannya adalah berbagi. Meringankan beban saudara kita. Sekali lagi, semua didasari persaudaraan dan keikhlasan. Lebaran tahun ini kita bagikan 600 paket sembako," pungkas pengusaha berdarah Tionghoa ini. (aan/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO