Minimalisir Kecelakaan Saat Mudik Lebaran, DPUPR Jombang Optimalkan Pemeliharaan Jalan

Minimalisir Kecelakaan Saat Mudik Lebaran, DPUPR Jombang Optimalkan Pemeliharaan Jalan Pemeliharaan jalan di Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Jalan rusak kerap menjadi momok bagi pengguna jalan, lantaran sering menyebabkan kecelakaan. Apalagi, menjelang lebaran 2023, banyak pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

Untuk meminimalisir hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang menerjunkan tim unit reaksi cepat (URC) untuk melakukan pemeliharaan jalan.

Kepala DPUPR Kabupaten Jombang, Bayu Pancoroadi, mengatakan pihaknya kini tengah melakukan dan berlubang di sejumlah ruas, seperti di jalan alternatif Jombang-Kediri tepatnya Desa Brambang, Kecamatan Diwek.

"Ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi jalan seperti semula, yakni menambal lubang-lubang jalan dengan menggunakan material hotmix," ucanya, Selasa (04/04/23).

Selain itu, pemeliharaan jalan juga dilakukan untuk meminimalisir potensi kecelakaan lalu lintas. Sebab, jalan yang berlubang bila tergenang air hujan sangat membahayakan para pengguna jalan, terutama kendaraan roda dua.

"Jelang lebaran banyak pemudik pulang kampung. Jadi kita berikan kenyamanan bagi pengguna jalan juga," terangnya.

Pihaknya terus melakukan kegiatan perbaikan jalan hampir setiap hari. Baik yang dilakukan oleh petugas dari UPT bina marga di masing-masing wilayah, maupun oleh Tim Unit Reaksi Cepat (URC) DPUPR Kabupaten Jombang.

"Bila ada kegiatan perbaikan jalan yang bersifat urgent, mereka langsung mengeksekusi penambalan jalan setiap hari sesuai skala prioritas," tegas Bayu.

Kegiatan pemeliharaan jalan juga dilakukan di ruas Ngumpul-Sumbermulyo, yang masuk Kecamatan Jogoroto. Untuk menutup lubang dengan diameter yang cukup membahayakan pengguna jalan, tim menggunakan material hotmix. (aan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Jalan Berlobang, Jadikan Ajak Unjuk Gigi Pengendara Trail di Jombang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO