Kamis, 14 November 2019 10:15

Permintaan Jasa Titip Kucing Selama Musim Mudik Meningkat, Kucing Tetap Terawat

Jumat, 15 Juni 2018 19:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Permintaan Jasa Titip Kucing Selama Musim Mudik Meningkat, Kucing Tetap Terawat
Wahyuni Septiana saat melayani pelanggannya.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Momen libur lebaran menjadi berkah tersendiri bagi jasa titip kucing. Seperti yang dialami Wahyuni Septiana (25) salah satu penyedia jasa titip kucing di Dusun/Desa Puton, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Di rumahnya, sudah ada belasan kucing yang dititipkan pemiliknya karena pergi mudik.

Ya, di rumah Wahyuni sudah ada sekitar 15 kucing yang dititipkan. Penitip biasanya menitipkan kucing-kucing mereka selama beberapa hari. Ada juga yang sampai satu minggu, tergantung waktu mereka mudik. Kendati demikian, pemilik tak perlu khawatir, sebab di tangan Wahyuni kucing-kucing mereka akan tetap sehat. Setiap hari kucing-kucing dimandikan dan diberi suntikan vitamin agar tidak terserang virus selama dititipkan.

”Alhamdulilah libur lebaran seperti ini meningkat,’’ celetuk Wahyuni di sela-sela merawat hewan berbulu lebat itu.

Jasa penitipan kucing sekelas anggora baik bulu pendek atau bulu panjang maupun flat nose, atau kucing persia juga cukup terjangkau, hanya Rp 20/25 ribu/hari. Tidak hanya sekadar dititipkan, kucing-kucing tersebut juga dapat fasilitas seperti grooming (mandi perawatan) serta injeksi kekebalan tubuh.

”Paling banyak yang dititipkan adalah jenis anggora,’’ sambung dia.

Bagi Yuni, sapaan gadis kelahiran Jombang 12 September 1993 ini, merawat kucing bukanlah hal sulit. Asal telaten dan sabar, si kucing akan nurut jika diperintah. Sayangnya kucing-kucing jenis eksotis ini kurang peka terhadap cuaca ekstrem. Terutama jika cuaca dingin bulu bulunya akan rontok.

”Untuk itu, harus tahu kapan waktu yang tepat memandikan mereka, misalnya di antara jam 9-12 pagi, karena kalau siang hari bulunya bisa terbakar,’’ tambahnya.

Selain itu, Yuni juga memiliki cara khusus agar si kucing tidak stress selama ditinggal pemiliknya. Adalah dengan memisahkan kandang kucing dengan lainnya, memberi alat untuk bermain seperti bola mainan dan pasir kucing agar mereka dapat begulung dalam kandangnya.

”Yang paling penting mereka harus sering-sering diajak bermain seperti dibelai,’’ urainya.

Selama libur lebaran, dia mengakui jasa penitipan kucingnya meningkat. Jika dirata-rata mencapai 50 persen. ”Memang kalau setiap musim libur lebaran banyak yang menitipkan kucing-kucing mereka, karena mereka tidak mau ambil risiko jika ditinggal mudik kucing mereka bisa mati,’’ tuturnya.

Penitip kucing, rata-rata berasal dari wilayah Kabupaten Jombang. Mulai Peterongan, Sumobito, Diwek, maupun wilayah Jombang kota. ”Kalau penitip memang rata-rata dari Jombang kota, kalau dari luar kota tidak ada,’’ pungkasnya. (ony/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Rabu, 13 November 2019 10:38 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...