Tidak Hanya Orang Gemuk Yang Terancam Diabetes

Tidak Hanya Orang Gemuk Yang Terancam Diabetes ilustrasi. foto via shutterstock

BangsaOnline.com - Diabetes memang lebih mungkin diderita orang yang kegemukan atau mereka yang punya keturunan penyakit ini dalam keluarga. Tapi, tak menutup kemungkinan terjadi pada mereka yang badannya tergolong normal dan tak ada riwayat kelurga.

Menurut panduan terbaru dari American Diabetes Association (ADA), mereka yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) 23 atau lebih juga harus melakukan screening tipe 2. Sebagai informasi, selama ini di AS orang yang wajib melakukan screening adalah mereka yang memiliki IMT 25.

IMT adalah perbandingan antara berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Rumus penghitungannya adalah IMT = berat badan (kg) dibagi tinggi badan (meter kuadrat).

Rekomendasi ADA tersebut terutama ditujukan untuk orang-orang keturunan Asia. ADA menyebutkan, orang Asia dengan IMT 23 juga perlu melakukan pemeriksaan. Walau IMT 23 masih tergolong berat badan yang normal, tapi komposisi tubuh orang Asia membuatnya lebih beresiko.

Orang Asia pada umumnya mengalami penumpukan lemak di sekitar pinggang dan perut. Padahal, lemak di area ini lebih beresiko bagi kesehatan dibandingkan dengan lemak di paha atau bagian tubuh lainnya.

"Orang Amerika keturunan Asia banyak yang didiagnosis walau mereka tidak terlihat kegemukan. Rekomendasi ini secara jelas menunjukkan perbedaan antara orang Amerika-Asia dan populasi pada umumnya dalam risiko ," kata Jane Chiang, wakil predisen ADA.

Diabetes memang penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tapi penyakit ini jelas bisa dicegah. Salah satunya adalah melakukan perubahan gaya hidup. Lakukan olahraga secara teratur untuk membantu meningkatkan pembakaran lemak dan mulailah mengatur pola makan.

Sumber: kompas.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO