Mengaku Pegawai Pertamina, Pria Asal Blora Tipu Warga Puluhan Juta Rupiah

Mengaku Pegawai Pertamina, Pria Asal Blora Tipu Warga Puluhan Juta Rupiah Korban saat dihadirkan dalam rilis yang digelar Polres Tuban, Rabu (30/10).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Berbekal ID Card dan pakaian lengkap layaknya karyawan Pertamina, Eko Budiono (37), pria asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah, melakukan penipuan hingga meraup puluhan juta rupiah.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengaku sebagai karyawan Pertamina Engineering Project Cepu (PEPC) Gas Processing Facility (GPF) Jambaran - Tiung Biru (JTB). Pakaian lengkap dan ID Card itu didapatkan pelaku saat bekerja di PT. Rekayasa Industri (Rekind), yang menjadi sub kontraktor (Subkon) dari PT. Pertamina (Persero).

"Pelaku pernah bekerja di salah satu subkon perusahaan Pertamina, tapi sudah dipecat," terang Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (30/10).

AKBP Nanang Haryono mengungkapkan, dalam mencari mangsanya, pelaku mendatangi rumah yang telah menjadi targetnya. Modusnya, pelaku menawari pekerjaan kepada korbannya.

"Pelaku mengaku sebagai Humas Pertamina dan mengiming-imingi korbannya untuk dipekerjakan di proyek Pertamina," jelas Kapolres.

Pelaku kemudian meminta uang kepada korbannya sebagai syarat agar bisa diterima kerja. Namun, aksi pelaku harus terhenti di tangan Satreskrim Polres Tuban saat bertransaksi dengan korbannya di Dusun Lengki, Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO