Selasa, 31 Maret 2020 09:55

​Tiba di Embarkasi Surabaya, JCH Asal Bali Langsung Rekam Biometrik

Jumat, 26 Juli 2019 20:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Tiba di Embarkasi Surabaya, JCH Asal Bali Langsung Rekam Biometrik
Sebanyak sebelas titik biometrik telah disiapkan oleh PPIH Embarkasi Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 700 Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Bali tiba di Embarkasi Surabaya pada Jumat (27/7) pagi. JCH yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) 60 dan 61 itu langsung melakukan perekaman biometrik di Gedung Zaitun Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) Sukolilo.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Jamil mengatakan, JCH asal Provinsi Bali tersebut belum melakukan perekaman biometrik.

"JCH ini dari daerah belum melaksanakan biometrik, meskipun sudah ada yang melaksanakan biometrik, namun tetap kita lakukan biometrik ulang," katanya.

Sebanyak sebelas titik biometrik pun telah disiapkan oleh PPIH Embarkasi Surabaya. Jamal menjelaskan, perekaman biometrik tersebut tidak memerlukan waktu yang lama, masing-masing JCH hanya butuh waktu kurang dari lima menit.

"Petugas kami tentunya sigap, jauh-jauh hari sudah kami siapkan biometrik ini. Meskipun ratusan JCH yang melakukan perekaman biometrik, tapi ini tidak membutuhkan waktu yang lama," jelasnya.

Jamal menerangkan bahwa fungsi rekam biometrik ialah untuk memudahkan dan mempercepat proses imigrasi saat jemaah memasuki Arab Saudi (Jeddah atau Madinah).

"Jadi saat tiba di Saudi, jemaah tinggal pengecekan satu jari untuk memfalidasi dan itu mempercepat proses imigrasi," terangnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, I Nyoman Lastra membenarkan bahwa tidak terdapat perekaman biometrik di Bali. Menurutnya beberapa JCH melakukan biometrik secara mandiri.

"Meski beberapa JCH kami sudah melakukan perekaman biometrik, namun kami memastikan seluruh JCH hari ini melaksanakan biometrik. Karena memang kami di Bali belum melakukan perekaman biometrik," ungkapnya.

"Kenaikan jumlah JCH tahun ini hampir 50 persen, tentu ini menjadi angin segar bagi kami. Porsi tunggu juga semakin maju," sambungnya.

Total JCH asal Provinsi Bali yang meliputi kloter 61, 62, dan 84 berjumlah 1.054 JCH. Jumlah tersebut menurut Nyoman jauh lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu.

Dari total JCH tersebut 20 JCH berangkat dari luar Bali berjumlah 20 JCH, dan meninggal dunia 1 JCH. Sehingga total JCH adal Provinsi Bali sebanyak 1.033 JCH. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...