Senin, 25 Mei 2020 20:03

Kesempatan Terakhir Bupati Blitar Lakukan Mutasi Besar-besaran

Jumat, 03 Januari 2020 16:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Kesempatan Terakhir Bupati Blitar Lakukan Mutasi Besar-besaran
Bupati Blitar Rijanto memimpin pelantikan dalam mutasi pejabat besar-besaran, Jumat (3/1/2020).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto melakukan mutasi pejabat secara besar-besaran, Jumat (3/1/2020). Ada 230 pejabat dari eselon II, III, dan IV yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Rijanto. Mereka terdiri dari pejabat tinggi pratama, administrator, dan fungsional.

Perombakan ini merupakan kesempatan terakhir Rijanto di sisa waktu menjabat sebagai Bupati Blitar. Hal ini terkait larangan melakukan mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, enam bulan sebelum penetapan pasangan calon (paslon) Pilkada Tahun 2020 pada 8 Juli 2020 nanti hingga berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati.

"Tahun ini Kabupaten Blitar akan menggelar Pilkada. Penetapan pasangan calon pada 8 Juli. Nah terkait hal ini saya baru saja dapat surat dari Bawaslu bahwasanya semua daerah yang akan ikut Pilkada untuk melakukan mutasi di lingkungannya masing-masing enam bulan sebelum penetapan calon. Berarti kalau dihitung mundur sampai tanggal 8 Juli nanti, saya punya waktu menata organisasi paling lambat minggu depan," terang Rijanto.

Meski terkesan mengejar waktu, namun Rijanto memastikan mutasi kali ini sudah melalui tahapan sebagaimana mestinya. Termasuk pengisian enam jabatan tinggi pratama diisi dengan mekanisme seleksi secara terbuka seperti pembentukan Panitia Seleksi (Pansel), dilanjutkan seleksi dan konsultasi dengan komisi ASN.

"Saya menyampaikan terima kasih semua bekerja keras untuk menata organisasi. Alhamdulillah tahapan demi tahapan telah kita lakukan sebagaimana mestinya, dan pelantikan bisa dilakukan tepat waktu," ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat imbauan itu pada Selasa, 31 Desember 2019. Dalam Surat Bawaslu Kabupaten Blitar Nomor 404/K.JI-03/PM.00.02/XII/2019 tersebut berisi, salah satunya larangan melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan, kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019, Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 yaitu pada 8 Juli 2020. Artinya, kepala daerah tidak boleh melakukan rotasi atau mutasi jabatan ASN terhitung mulai tanggal 8 Januari 2020. Kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri," tegas Hakam.

Berkaitan dengan hal itu, pada ayat 3 pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, mengatur, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Wali Kota atau Wakil Wali Kota dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, baik di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan calon terpilih.

"Dan pada Pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 pada ayat 5, berbunyi, dalam hal Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Wali Kota atau Wakil Wali Kota selaku petahana melanggar dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota," pungkas Hakam. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...