Gandeng Pemkab, PWI Sidoarjo Ajak Masyarakat Perangi Berita Hoax

Gandeng Pemkab, PWI Sidoarjo Ajak Masyarakat Perangi Berita Hoax DISKUSI: Kadis Kominfo Y Siswojo saat memberikan paparan dalam Resepsi HPN 2018 "Merdeka dari Berita Hoax", di RM Waroeng Redjo, Rabu (29/8). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo ikut berupaya mencegah maraknya penyebaran berita hoax. Bekerja sama dengan Pemkab Sidoarjo, PWI mengajak siswa dan masyarakat untuk proaktif memerangi berita hoax.

"Kami berharap masyarakat, khususnya generasi muda, agar pandai-pandai menyaring informasi ataupun berita-berita bernuansa provokatif juga pornografi," cetus Ketua PWI Sidoarjo, Abdul Rouf dalam Resepsi Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018 dan Diskusi Interaktif "Merdeka dari Berita Hoax" di Waroeng Redjo Sidoarjo, Rabu (29/8).

Menurut Rouf, merebaknya berita-berita hoax tak lepas dari perkembangan teknologi di era globalisasi. Pihaknya juga mendorong media dalam pemberitaannya menguatkan mindset kebangsaan, yakni menjaga persatuan dan kesatuan.

Saat membuka acara ini, Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin mengajak generasi muda dan masyarakat berperan aktif dalam menangkal penyebaran berita-berita hoax yang semakin hari berkembang liar.

Sebab itu, Wabup mengapresiasi yang dilakukan oleh PWI Sidoarjo dengan mengundang para siswa dan organisasi kepemudaan (OKP) yang terlibat pengelolaan media sosial, untuk merdeka dari hoax.

"Kami berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat positif bagi ormas dan siswa. Melalui peringatan Hari Pers Nasional kita bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi generasi muda dan masyarakat dalam mengelola media sosial secara sehat dan mencerdaskan," ujar Wabup.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sidoarjo, Y Siswojo mengingatkan bahaya menyebarkan sebuah berita yang belum terverifikasi kebenarannya. "Berita yang belum tentu kebenarannya jangan cepat dishare atau disebarkan, bisa jadi itu adalah berita hoax yang sengaja dibuat untuk membuat kegaduhan," cetusnya.

Selain Siswojo, hadir pula anggota Komisi B Hamzah Purwandoyo sebagai pemateri. Dalam kesempatan ini, Hamzah mengajak para siswa agar memanfaatkan gadget yang mereka miliki untuk hal-hal positif, misalnya untuk belajar berbisnis. "Daripada berita hoax, lebih baik menyebarkan hal-hal yang positif mengenai Sidoarjo," tandas politikus PKB ini. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO