15 Pengantin Nikah Masal Gratis di Hari Jadi Tuban ke-724

15 Pengantin Nikah Masal Gratis di Hari Jadi Tuban ke-724 15 pasangan pengantin saat diarak dari Masjid Agung Tuban ke Pendopo Kridho Manunggal.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 15 pasang pengantin dari berbagai Kecamatan di Kabupaten mengikuti acara Nikah Masal yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJT) ke-724, Minggu (12/11).

Ijab kabul nikah masal ini dilangsungkan di Masjid Agung setempat, di mana seluruh pasangan pengantinnya mengenakan busana adat Semandingan. Usai ijab kabul, seluruh pengantin kemudian diarak menuju Pendopo Kridho Manunggal untuk mengikuti prosesi resepsi perayaan Hari jadi ke-724 yang disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir.

Dari pantauan BANGSAONLINE.com, prosesi arakan pengantin menuju pendopo tersebut diiringi dengan tarian sufi serta lantunan sholawat lengkap dengan tabuhan alat musik rebana. Tampak raut wajah berbinar-binar dari para pengantin.

Jamin, salah satu mempelai pria asal Kecamatan Jatirogo, mengaku mengikuti nikah masal tersebut agar hubungan rumah tangga dengan pasangannya menjadi sah, baik secara agama maupun pemerintah. Selain itu juga karena gratis.

“Dapat informasi dari Pemerintah Desa, terus saya mendaftar dengan pasangan saya. Semuanya mendapat fasilitas dari pemkab, termasuk juga mahar senilai Rp. 1 juta,” kata Jamin kepada BANGSAONLINE.com.

Seirama juga diungkapkan Puji (49) asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Bancar. Ia mengaku bahagia setelah dapat melaksanakan pernikahan dengan pujaan hatinya yang bertepatan dengan acara Hari Jadi .
“Senang telah resmi menikah dan sah menurut agama dan pemerintah, di samping itu juga ikut memeriahkan HUT ,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati H. Fathul Huda mengatakan bahwa nikah massal ini selain digelar untuk memperingati HJT ke-724, juga memfasitasi warganya yang kurang mampu untuk menggelar resepsi pernikahan. "Jangan sampai ada masyarakat yang tidak mampu menikah karena tidak ada biaya. Oleh karena itu kita fasilitasi semua," ujarnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO