Warga Desa Banyuurip Kecamatan Senori Gotong Royong Bangun TPQ

Warga Desa Banyuurip Kecamatan Senori Gotong Royong Bangun TPQ Warga saat berdiskusi terkait pembangunan TPQ. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten bergotong royong membangun sebuah Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ).

Lokasi tempat pembangunan itu berada di tanah yang diwakafkan oleh Raji (64), salah satu warga setempat, dengan luas 15 meter x 22 meter. Lokasi tersebut masih berada di kawasan PT Pertamina EP asset 4 Cepu. Ditaksir pembangunan TPQ itu membutuhkan biaya mencapai Rp 250 juta.

"Warga gotong royong sudah berjalan 3 bulan waktu ini dan sampai saat ini dana pengurukan berasal dari swadaya masyarakat sekitar," ujar Suwarno warga setempat saat ditemui BANGSAONLINE.com, Minggu (15/10).

Menurutnya, pendirian TPQ ini bagian dari syiar agama untuk mewujudkan peningkatkan nilai-nilai religius keagamaan masyarakat bumi wali, khususnya bagi masyarakat Banyuurip. “Semoga pembangunannya lacar dan cepat jadi,” harapnya.

Senada disampaikan Kasi Kesra Desa Banyuurip, Mustari. Ia mengatakan, TPQ ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk anak atau santri di sekitar. Kapasitasnya pun bias menampung hingga 100 anak.

"TPQ ini didirikan lantaran sebelumnya para santri belajar agama dengan cara berpindah-pindah tempat dari masjid dan musholla setempat," ujar Mustari.

Terpisah, Kaur Pemberdayaan Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Sugeng berharap, ada pihak pemerintah dan anggota DPRD dapil wilayah Kecamatan Senori bisa mempelancar proses pembangunan TPQ. “Sudah ada kunjungan DPRD , khususnya Bapak Mukson yang datang ke sini. Semoga mampu menjembatani aspirasi atau kendala pembangunan gedung TPQ sebagai sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran keagamaan ini,” ujarnya.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Mukson membenarkan dirinya telah mengunjungi lokasi pembangunan. Ia berjanji akan menyampaikan aspirasi warga tersebut kepada pihak terkait sesuai tupoksinya, demi kelancaran pembanguna TPQ tersebut. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO