DPRD Gresik Rencanakan Bangun 50 Rumdis Anggota secara Bertahap

DPRD Gresik Rencanakan Bangun 50 Rumdis Anggota secara Bertahap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Nur Qolib. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Gresik terus berupaya meningkatkan kinerja anggotanya sebagai wakil rakyat. Kinerja itu di antaranya, sebagai lembaga yang memiliki otoritas tugas dan fungsi legislasi (perundangan), budgeter (anggaran) dan pengawasan.

Untuk makin mengoptimalkan tugas dan fungsinya itu, yang memiliki 50 anggota akan melakukan beberapa terobosan. Di antaranya, membangun gedung baru. Lokasinya, di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas, tepatnya di depan kantor Pajak Pratama.

"Selain membangun gedung DPRD baru yang lebih representatif, kami juga merencanakan pembangunan 50 rumah dinas (rumdis) pimpinan dan anggota secara bertahap. Rumdis itu akan dibangun satu komplek dengan gedung DPRD," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Nur Qolib.

Menurut Nur Qolib, untuk tahap awal pembangunan gedung baru DPRD, dialokasikan anggaran Rp 10 M dari APBD tahun 2016. "Anggaran Rp 10 miliar itu untuk konstruksi awal," jelas politisi PPP asal Kecamatan Menganti ini.

Selanjutnya, kata Nur Qolib, pembangunan gedung baru DPRD itu dilanjutkan pada APBD tahun depan, 2017, 2018 hingga tuntas. "Anggaran untuk pembangunan gedung baru DPRD kami lakukan dengan sistem multi years (berkesinambungan) menyesuaikan dengan kekuatan keungan APBD," tuturnya.

Kata Nur Qolib, Pembangunan gedung baru nantinya juga akan dilengkapi fasilitas pendukung untuk membantu kinerja anggota sebagai kepanjangan tangan masyarakat.

Fasilitas pendukung itu di antaranya, berupa pembangunan 50 unit fasilitas rumah dinas (rumdis), yang akan diperuntukkan bagi ke-50 pimpinan dan anggota DPRD. "Untuk pembangunan 50 fasilitas rumdis pimpinan dan anggota DPRD itu baru rencana," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO