Dikritik Akademisi, Ketua DPRD Gresik Desak Pemkab Gerak Cepat Respons Klaim Vaksin Cegah Covid-19

Dikritik Akademisi, Ketua DPRD Gresik Desak Pemkab Gerak Cepat Respons Klaim Vaksin Cegah Covid-19 Fandi Akhmad Yani, Ketua DPRD Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Akademisi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Sestiono Mindiharto mengkritik langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik yang dinilai lamban dalam menangani pandemik Covid-19.

"Pemkab Gresik seharusnya punya sense of crisis dalam situasi darurat Covid-19 seperti saat ini. Pemkab harus cepat cari terobosan dan merespons peluang-peluang untuk mengatasi sebaran Covid-19 di Kota Pudak yang kian masif," ujar Sestiono Mindiharto kepada wartawan, Kamis (16/7).

Ia lantas mencontohkan klaim Menkes RI Terawan Agus Putranto yang mengumumkan progres terkait penelitian vaksin Corona yang harus segera dikejar. "Meskipun klaim, tapi itu kabar baik, dan harus segera dikejar untuk kepastian dan kejelasannya," jelas Kaprodi Kesehatan Masyarakat UMG ini.

Ia menilai Pemkab Gresik kurang peka dengan persoalan Covid-19. Padahal vaksin Covid-19 yang diklaim Menkes Terawan Agus Putranto akan mendapat izin edar paling cepat pada awal 2021.

"Setidaknya pemkab sudah menangkap informasi itu. Ini kan upaya dalam memberi solusi. Hemat saya informasi itu harus dipastikan entah melalui Dirjen Layanan Kesehatan atau progres hasil uji coba vaksin oleh Kemenkes," terang Sestiono.

Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani juga menyesalkan langkah pemkab yang menurutnya pasif dalam menangani sebaran Covid-19. Padahal, jumlah warga Gresik yang positif Covid-19 terus mengalami lonjakan setiap hari.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO