Selasa, 26 Mei 2020 02:27

RSUD Bangil Bantah Telantarkan Pasien, Dewan akan Panggil Manajemen RSUD

Kamis, 10 Oktober 2019 18:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
RSUD Bangil Bantah Telantarkan Pasien, Dewan akan Panggil Manajemen RSUD
Manajemen RSUD Bangil memberikan penjelasan kronologi meninggalnya pasien atas nama Eko BS saat jumpa pers, Kamis (10/10).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kasus meninggalnya pasien RSUD Bangil atas nama Eko BS (38), warga Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, akhirnya mendapat jawaban dari manajemen RSUD Bangil, Kamis (10/10). Meninggalnya pasien Eko BS memang sempat viral lantaran ada dugaan penelantaran dan keteledoran dari dokter yang menangani.

Terkait hal ini, Wakil Dirut RSUD Bangil dr. Moch Jundi memberikan penjelasan saat menggelar jumpa pers mengundang beberapa media. Menurutnya, penanganan yang diberikan RSUD Bangil terhadap pasien Eko sudah sesuai dengan SOP yang ada. Mulai visit dokter rutin, dan perawatan kepada pasien.

Dari catatan pasien, terang Moch Jundi, yang bersangkutan pernah dirawat di rumah sakit Dr. Soetomo. Pihak keluarga membawa Eko ke RSUD Bangil sejak Kamis (10/10) malam, karena penyakitnya kambuh lagi.

"Penyakit yang diderita pasien Eko obatnya tidak tersedia di RSUD Bangil tipe II. Obatnya hanya ada di RS tipe A, yakni RS Dr. Soetomo dan RSUD Dr. Syaiful Anwar Malang, kita sudah sampaikan kepada keluarga," jelasnya.

Agar kesehatan pasien bisa lebih baik, lanjut Jundi, RSUD Bangil pun menyarankan agar dirujuk ke rumah sakit tipe A (RSUD Dr. Soetomo atau RSUD Dr. Syaiful Anwar) dengan alasan obat yang dibutuhkan pasien tidak tersendia di RSUD Bangil.

"Dokter Vidya Eka Damayanti yang menangani pasien sudah menawarkan rujukan , tapi di tolak oleh keluarga," tambah Jundi.

Di sisi lain, kasus meninggalnya pasien yang dirawat di RSUD Bangil menjadi perhatian serius DPRD Pasuruan. Wakil Ketua DPRD Andri Wahyudi mengatakan akan berkoordinasi dengan pimpinan Komisi IV untuk meminta penjelasan kepada manajemen RSUD Bangil.

"Tujuannya untuk mencari informasi terkait cara penanganan pasien yang rawat inap, SOP-nya bagaimana. Untuk rencana pemanggilan sendiri akan dilakukan pada Senin (14/10) besok. Kita berharap kasus yang sama ini tidak terjadi lagi di RSUD Bangil," tuturnya. 

Tidak hanya dewan, KH. Jazuli Sya'roni, pengasuh PP Al-Falah Shidiqiyah, Gajah Bendo, Beji, turut memberikan atensi terhadap kasus tersebut. Ulama kharismatik itu menuding ada kecerobohan yang dilakukan pihak RSUD Bangil.

"Orang datang ke RSUD itu untuk berobat, bukan setor nyawa. Jadi pelayanan itu harus maksimal, jangan ceroboh," tegas Kiai Jazuli kepada BANGSAONLINE yang dikonfirmasi via WhatsApp.

Karena itu, Kiai Jazuli berharap kepada Pemkab Pasuruan agar memperbaiki pelayanan RSUD Bangil sehingga hal itu tidak terulang kembali. (bib/afa/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...