Selasa, 11 Agustus 2020 11:02

Bupati Malang Calonkan 2 Nama Sebagai Wabup, George: Itu Melanggar Regulasi, akan Saya Gugat

Selasa, 01 Oktober 2019 21:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tuhu Priyono
Bupati Malang Calonkan 2 Nama Sebagai Wabup, George: Itu Melanggar Regulasi, akan Saya Gugat
George Da Silva, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pasca ditetapkannya H. Sanusi menjadi Bupati Malang oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), hingga sampai saat ini siapa yang bakal menduduki jabatan Wakil Bupati Malang masih menjadi tarik ulur.

Sebelumnya, Sanusi telah memunculkan dua nama bakal cawabup, yakni Mohamad Soedarman, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Malang, dan Abdur Rosyid Assadullah yang merupakan Wakil Ketua Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kabupaten Malang.

Namun, dua nama yang diajukan Sanusi ini dipertanyakan oleh berbagai pihak. Pasalnya, usulan dua nama calon wabup yang diajukan Bupati Malang itu tak sesuai regulasi. Hal ini sebagaimana disampaikan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malang, George Da Silva, Selasa (1/10).

“Jika mengacu pada peraturan yang ada dan melihat kondisi saat ini, pengusulan calon Wakil Bupati Malang itu tidak bisa dilakukan oleh Bupati Malang H. Sanusi. Ini saya sampaikan murni aspirasi dari saya sebagai warga Kabupaten Malang,” terangnya.

Menurutnya, hal itu melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, yang terlampir dalam Pasal 23 huruf d, terkait tugas dan wewenang DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 176 ayat 4. Dalam PP dan UU itu, disebutkan jika pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, baru bisa mengusulkan nama calon wakilnya jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan.

“Yang artinya Bupati Malang HM Sanusi tidak boleh mengusulkan calon Wakil Bupati Malang. Karena apa? Sebab peraturan itu menjelaskan apabila pemilihan Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah guna melanjutkan sisa masa jabatan akibat terjadi kekosongan, hanya bisa dilakukan jika masa waktunya lebih dari 18 bulan. Nah untuk Bupati Malang ini lain. Sanusi ditetapkan sebagai Bupati oleh Mendagri dan menjadi Bupati Definitif baru tanggal 17 September 2019 lalu, berarti pas 18 bulan kan?, sehingga tidak lebih dari 18 bulan,” urainya.

Oleh karenanya, ia menilai akan melanggar aturan jika nama yang diusulkan Sanusi itu akhirnya disahkan sebagai wakil bupat. Bahkan, ia secara terang-terangan akan melakukan gugatan apabila hal itu terjadi.

“Akan tetapi, tentu saja saya akan melakukan pertemuan dengan pihak akademisi dan pakar hukum terlebih dulu. Jika usulan dari Bupati Malang H Sanusi disetujui, maka saya secara pribadi sebagai warga Kabupaten Malang akan menggugatnya. Yang akan saya gugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan DPRD Kabupaten Malang,” pungkasnya. (thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...