Dinkes Sidoarjo Bentuk Tim Khusus Tekan Kasus TBC

Dinkes Sidoarjo Bentuk Tim Khusus Tekan Kasus TBC CEGAH TBC: Workhsop membentuk tim khusus untuk menanggulangi penyakit TBC, Kamis (25/7). foto ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo membentuk tim khusus untuk memberantas penyakit Tuberculosis (TBC). Tim ini bernama District-Based Public Private Mix (DPPM) dan Koalisi Organisasi Profesi (KOPI). Dua tim ini dibentuk melalui Workshop yang digelar di Hotel Fave, Kamis (25/7).

Menurut Kepala Dinkes Sidoarjo, drg Syaf Satriawarman, Sp Pros, tim DPPM & KOPI ini diharapkan dapat menekan kasus TBC di Sidoarjo. Katanya, penyakit TBC menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Tahun 2017 Indonesia menempati urutan 3 besar. Secara global Indonesia di bawah India dan Cina.

Sedangkan Provinsi Jatim peringkat kedua setelah Jabar. Sementara Sidoarjo urutan ketiga setelah Surabaya dan Jember. "Karenanya perlu pembentukan Tim DPPM di Sidoarjo dengan merujuk Permenkes Nomor 67 Tahun 2016. Isinya penanggulangan TBC dengan semua pihak,” tandasnya.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mendukung terbentuknya tim DPPM dan KOPI. Dia berharap tim ini dapat menekan kasus TBC di Sidoarjo. Yakni memaksimalkan pencegahan hingga ke desa-desa di wilayah Sidoarjo agar dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan penyakit TBC. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO