Brojo Geni Meriahkan HSN di Pacitan

Brojo Geni Meriahkan HSN di Pacitan Ritual dan kegiatan brojo geni dalam rangka HSN di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Brojo geni (sepak bola api) mewarnai peringatan Tahun 2018. Kegiatan olahraga cukup unik dan membutuhkan adrenalin tersebut diselenggarakan PCNU dan jajaran Ansor .

Ketua PC GP Ansor , Munaji memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan brojo geni dalam rangkaian peringatan hari santri nasional.

"Selain sebagai tradisi santri, brojo geni merupakan perpaduan kegiatan ritual. Hal tersebut sangat dibutuhkan oleh mereka (santri) guna menandingi lawan yang tangguh. Ilmu Braja Geni mampu menangkis serangan pukulan lawan. Dulu kala digunakan para santri untuk melawan penjajah dalam merebut kemerdekaan. Ilmu ini menjadi sebuah tameng diri dalam perjuangan. Namun demikian saat ini mempunyai fungsi berbeda, digemari para santri dalam perpaduan olah raga sepak bola api," ujarnya, Jumat (19/10) malam.

Pada kesempatan yang sama, Nurul Huda, Ketua (HSN) ,mengatakan, tak semua orang bisa melakukan brojo geni. Sebab sebelumnya memang harus ada ritual.

"Secara sugesti brojo geni harus bisa menahan dan menguasai sifat amarah. Hal-hal yang tidak benar harus bisa ditaklukkan untuk melatih kesabaran. Sehingga bisa menuju kemenangan, keselamatan di dunia dan akhirat. Seni tradisi sepak bola api ini hanya dimiliki oleh Nahdlatul Ulama atau barisan Ansor," jelas Nurul Huda yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag ini. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO