Gus Ipul Klaim Program Bosda Madin, DPRD Jatim: Itu Program Pakde Karwo

Gus Ipul Klaim Program Bosda Madin, DPRD Jatim: Itu Program Pakde Karwo Gubernur Jatim Pakde Karwo penggagas program Bosda Madin. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Bantuan Operasional Daerah Madrasah Diniyah (Bosda Madin) yang diunggulkan paslon -Puti di Pilgub Jawa Timur ternyata bukan murni dari ide dan gagasan dari . Sebaliknya, program tersebut merupakan murni dari pemikiran dari gubernur Jatim Soekarwo dalam menjalankan programnya untuk dunia pesantren.

“Bosda Madin itu program dan pemikiran murni dari Gubernur Jatim Soekarwo. Bukan pertama kali ide dari ,” ungkap Ketua Komisi E DPRD Jatim Hartoyo saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (23/4).

Hartoyo mengatakan selama ini program-program dari Pakde Karwo selalu merata dan pro rakyat. Bahkan kesejahteraan para guru dan kehidupan di pesantren juga diperhatikan. "Jadi tak betul itu gagasan dari . Gagasan ini murni pak de Karwo," tegas Hartoyo.

Soal klaim kalau figur di balik suksesnya Bosda Madin, Hartoyo mengatakan bahwa hal tersebut semata-mata karena posisi sebagai Wagub Jatim yang mendampingi Gubernur Soekarwo hampir 10 tahun.

“Orang bisa saja melihat itu karena posisinya adalah wagub. Namun, sebenarnya program bosda madin itu pencetusnya dan pelaksananya adalah Pakde Karwo,” tutupnya.

Sekadar diketahui, saat berada di Ponorogo, oleh salah satu pengasuh ponpes dinilai merupakan sosok sentral di balik suksesnya beberapa kebijakan yang pro terhadap pesantren.

Hal ini diungkapkan KH Sholikan Al-Hafid, pengasuh pesantren Nurul Quran ketika mengikuti silaturahmi para Kiai dan Ulama serta para alumni Pesantren Lirboyo dan Ploso se-Kabupaten Ponorogo di pesantren Nurul Quran, Kelurahan Pakunden, Ponorogo, Sabtu (21/4).

" terbukti tidak hanya berangan-angan dan penuh janji, tapi sudah membuktikan kebijakan yang bermanfaat bagi pesantren," kata KH Sholikan.

Sedangkan mengatakan bahwa kebijakan penguatan madrasah diniyah selama hampir 10 tahun dijalankan adalah amanah dari para Kiai. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO