PAD Sektor Pariwisata di Pacitan Tak Capai Target

PAD Sektor Pariwisata di Pacitan Tak Capai Target Pantai Srau, Pacitan. foto: EastJava

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Meski sempat terjadi kenaikan kunjungan wisata saat libur Natal dan pergantian tahun lalu, namun begitu realisasi target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Pacitan tidak tercapai.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga (Disparpora) setempat Budi Hartoko membenarkan tidak tercapainya target PAD pada Tahun Anggaran 2017 lalu. "Dari Rp 10,9 miliar PAD sektor wisata yang ditetapkan setelah perubahan anggaran keuangan (PAK), hanya tercapai sebesar Rp 9,98 miliar atau sekitar 92 persen," akuinya, Jumat (5/1).

Hartoko memaparkan, dari sembilan daerah tujuan wisata (DTW) yang dikelola pemkab, hanya satu DTW yaitu Pantai Watukarung yang over target. Bahkan sejak sebelum bencana alam lalu, obyek wisata ‎yang berjarak kurang lebih 30 kilometer (Km) dari pusat kota itu memang sudah mengalami over pendapatan.

"Delapan DTW lainnya seperti Pantai Klayar, Pantai Srau, Pemandian Banyu Anget, Goa Gong, Goa Tabuhan, Pantai Pancer, Pantai Buyutan serta lainnya tidak tercapai dari target yang ditetapkan," jelasnya.

Dia mengungkapkan tidak tercapainya target PAD dari sektor pariwisata lebih disebabkan adanya dampak musibah bencana banjir dan tanah longsor. Terlebih pemberitaan media yang sangat masif.

"Sehingga wisatawan takut dan enggan datang ke Pacitan. Kita upayakan tahun ini animo kunjungan wisata ke Pacitan kembali bergeliat. Apalagi target PAD kita naik menjadi Rp 12,1 miliar," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO