Tepis Isu Kelangkaan, Dewan Minta KP3 Awasi Distribusi Pupuk di Tuban

Tepis Isu Kelangkaan, Dewan Minta KP3 Awasi Distribusi Pupuk di Tuban Pupuk bersubsidi yang dirasa mulai langka oleh petani.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban meminta kepada tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) agar mengawasi pendistribusian pupuk di wilayahnya. Hal itu dimintakan oleh Komisi B lantaran belakangan ini telah muncul isu langkanya pupuk.

Menurut anggota DPRD Tuban, Rasmani, isu kelangkaan pupuk tersebut seharusnya tidak terjadi lagi. Terlebih, pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan beberapa Distributor pupuk beberapa waktu yang lalu.

Hasilnya, diketahui bahwa stok pupuk di gudang ternyata masih cukup banyak. Sedangkan kelangkaan pupuk selama ini hanya disebabkan keterlambatan distribusi. "Ketika kami tanya stok pupuk di gudang masih banyak, ini hanya telat penyalurannya. Sistem distribusi yang dilakukan tahun ini juga cukup baik," ujar Rasmani.

Untuk itu, guna menghapus kekhawatiran masyarakat, ia meminta agar KP3 lebih optimal melakukan pengawasan di lapangan.

Di sisi lain, Murtadji selaku Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban mengatakan jika saat ini KP3 telah turun ke lapangan. "Jika nanti menemukan adanya pelanggaran permainan pupuk, kami tidak segan-segan untuk menindak tegas. Kondisi pupuk di gudang aman, apalagi adanya cadangan pupuk sebanyak 22 ribu ton, jadi total Kabupaten Tuban mendapat pupuk sebanyak 133 ribu ton," jelasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO