Jalur Pacitan-Ponorogo Kembali Tertimbun Longsor

Jalur Pacitan-Ponorogo Kembali Tertimbun Longsor Jalur di Km 244-00 Desa Kemuning sudah bisa dilalui kendaraan pasca tertimbun longsor. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - ‎Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (4/11) sore kemarin sekira pukul 18.00 WIB di wilayah Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, mengakibatkan bencana tanah longsor di jalur Pacitan-Ponorogo, Dusun Melikan, Desa Kemuning, tepatnya di Km 244-00.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hampir seluruh badan jalan milik Pemprov Jatim itu tertutup material longsoran. Namun, jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Pacitan-Ponorogo tersebut masih bisa dilalui semua kendaraan.

"Hanya separo badan jalan yang tertimbun longsor, sehingga jalan tersebut masih bisa dilalui," ujar Budi Hari Santoso, Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan UPT Pengelola Jalan dan Jembatan, Dinas PU dan Bina Marga Pemprov Jatim, Minggu (5/11).

Budi mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan selalu waspada ketika melintas di titik-titik rawan bencana mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Dia juga berpesan agar masyarakat lebih selektif dalam menyikapi informasi-informasi yang tersebar melalui jejaring media sosial (medsos).

"Seperti berita longsor tersebut, memang benar ada tanah longsor. Akan tetapi setelah kita cek lapangan, ternyata volume longsoran tidak seperti yang diinformasikan di medsos," jelas Budi.

Sementara itu hingga berita ini ditulis, satu alat berat sudah dikerahkan ke titik longsoran. Akan tetapi, alat pengeruk tanah dan batu tersebut tidak difungsikan lantaran kubikasi material yang jatuh hanya sedikit.

"Sudah diambil manual oleh warga. Sebab mayoritas gunturan material itu berupa bebatuan gunung. Sedangkan satu backhoe yang kita terjunkan tidak dijalankan," pungkas Budi. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO