Tanah Longsor Kembali Melanda Sejumlah Wilayah di Pacitan

Tanah Longsor Kembali Melanda Sejumlah Wilayah di Pacitan Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama warga sedang membersihkan pohon tumbang.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Di tengah mewabahnya coronavirus disease (Covid-19), bencana alam tanah longsor kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pacitan. 

Seperti yang terjadi di Dusun Guwo, Desa Jetis Lor, Kecamatan Nawangan pada Rabu (25/3) sore, sebuah pohon besar tumbang dan menimpa tiang listrik hingga roboh.

Tak hanya itu, tanah longsor juga terjadi tak jauh dari lokasi pohon tumbang hingga menutupi hampir seluruh badan jalan. "Saat itu hujan dengan intensitas tinggi dengan waktu yang cukup lama mengguyur Nawangan sekitarnya," kata Kapten (Kav) Subari, Danramil Kecamatan Nawangan.

"Sekira pukul 15.00 WIB, lantaran derasnya hujan mengakibatkan tanah longsor serta sebuah pohon nangka dengan diameter besar tumbang dan menimpa tiang listrik PLN. Jalur utama Arjosari-Pakis baru, lumpuh total," jelasnya.

Anggota Babinsa Desa Jetis, Serda Hafiz dan Bhabinkamtibmas menuju lokasi kejadian guna melakukan evakuasi. 

"Kami melaksanakan gotong-royong besama masyarakat membersihkan material longsoran dan mengangkat tiang listrik agar akses jalan utama Arjosari-Pakis Baru bisa dilalui kendaraan R2 maupun R4," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang ada di Kecamatan Nawangan agar selalu waspada dan berhati-hati dikarenakan wilayah tersebut rawan terjadi bencana alam, khususnya longsor. 

"Kami sudah menerima laporan dan menerjunkan personil untuk membantu proses evakuasi," tegasnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO