Kamis, 01 Oktober 2020 14:23

Abrasi Bantaran Sungai Grindulu di Desa Mentoro Ancam 64 Kepala Keluarga

Sabtu, 21 Maret 2020 18:17 WIB
Editor: .
Abrasi Bantaran Sungai Grindulu di Desa Mentoro Ancam 64 Kepala Keluarga
Kondisi tanggul sungai Grindulu di Desa Mentoro yang terancam ambrol. Wartawan pun tidak bisa mengambil gambar terlalu dekat, mengingat permukaan tanggul licin karena bercampur material banjir.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Abrasi bantaran Sungai Grindulu yang membuat tanggul terancam ambrol kembali terjadi di Pacitan. Kali ini titik tanggul yang terancam longsor itu ada di Dusun Duduhan, Desa Mentoro.

Tanggul sepanjang kurang lebih 350 meter terancam ambrol, akibat derasnya arus Kali Grindulu.

Pantauan wartawan, ada 64 kepala keluarga terdampak kalau sampai tanggul sungai itu longsor. Sebab, kediaman mereka sangat dekat dengan tanggul.

Menurut Imam, salah seorang warga, saat musibah banjir bandang tahun 2017 lalu, Bupati Pacitan Indartato sempat berkunjung ke lokasi bencana yang ada di seputaran Desa Mentoro. Saat itu, orang nomor satu di Pacitan tersebut juga sempat memantau kondisi tanggul pengaman yang kondisinya sudah memprihatinkan.

"Tapi sekarang ini mungkin sudah lupa. Dan tidak ada pejabat dari pemkab yang mengetahui kondisi kerawanan tanggul saat ini. Kami hanya berharap semoga segera ada langkah-langkah kedaruratan seperti di Desa Semanten," katanya, Sabtu (21/3).

Hal senada juga disampaikan Sumarti, warga lainnya. Semalam, kata dia, ada suara seperti gempa. Warga sekitar sempat berhamburan keluar rumah, disangka ada gempa bumi. "Ternyata sumber suara berasal dari air sungai yang menghantam tanggul. Getaran dan suaranya gemuruh seperti ada gempa bumi," tuturnya di tempat terpisah.

Ibu dua anak ini juga berharap, segera ada penanganan dari pemerintah. Sebab ia khawatir, kalau sampai tanggul itu jebol, warga di sekitar akan terendam air bah. "Semoga segera ada tindakan dari pemerintah. Ini sudah lama terjadi, namun belum pernah ada kunjungan dari pejabat ke sini," ceritanya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air DPUPR Pacitan Yudo Tri Kuncoro, belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui ponselnya, ia belum menjawab.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...