Roadshow UMKM di Kebomas, Dinkop Gresik Ajari Ibu-ibu di Randuagung Membuat Boneka Kaos Kaki

Roadshow UMKM di Kebomas, Dinkop Gresik Ajari Ibu-ibu di Randuagung Membuat Boneka Kaos Kaki Kepala Dinkop UKM dan Peridag Pemkab Gresik Agus Budiono menunjukkan hasil boneka kaos kaki buatan ibu-ibu. foto: GRESIK/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Diskop UKM dan Perindag (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan) Pemkab Gresik melanjutkan roadshow-nya dalam rangka memberdayakan para UMKM. Kali ini, Dinkop mendatangi Desa Randuagung Kecamatan Kebomas untuk menggelar pelatihan membuat boneka kaos kaki, Senin (20/6/2017).

Pelatihan yang digelar di kantor Balai Desa ini diikuti oleh puluhan ibu rumah tangga dengan menggandeng tenaga dari UKM Boneka Kaos Kaki yang ada di Jalan Gubernur Suryo, Gresik.

Kepala Dinkop Agus Budiono, mengatakan bahwa usai pelatihan ini, ibu-ibu yang telah mahir membuat boneka kaos kaki bisa bekerja sama dengan UKM. "Nah ibu-ibu bisa membuat boneka jadi, hasilnya UKM tersebut yang ngambil untuk dijual," terangnya.

Menurut Agus, usaha pembuatan boneka kaos kaki tersebut bisa meningkatkan nilai ekonomis para ibu-ibu. "Untuk itu, Diskop akan terus roadshow untuk melakukan pembinaan para UMKM, agar usaha mereka makin berkembang. Kami juga akan terus mencarikan terobosan untuk perkembangan UMKM di bumi waliyullah ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah UMKM yang dibina Diskop saat ini sebanyak 192 ribu lebih dari berbagai bidang masing-masing. Para UMKM itu terus dibina dengan menggandeng tenaga ahli sesuai bidang yang digeluti.

Sementara pemilik UKM Boneka Kaos Kaki Gresik, Angger Maulani menyatakan dalam pelatihan ini untuk bahan baku disuplai dari pihaknya. Untuk harga boneka yang sudah jadi, harganya bervariatif mulai Rp 60 ribu-80.

"Saat ini pangsa pasarnya dalam Provinsi Jawa Timur. Untuk luar provinsi yakni di Medan dan Jakarta," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO