Kejari Gresik Tetapkan Dua Pejabat Diskop sebagai Tersangka Baru dalam Kasus Korupsi Hibah UMKM

Kejari Gresik Tetapkan Dua Pejabat Diskop sebagai Tersangka Baru dalam Kasus Korupsi Hibah UMKM Kajari Gresik Nana Riana (kanan) didampingi Kasi Pidsus Alifin Nurahmana Wanda saat memberikan keterangan pers. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik menetapkan dua tersangka baru dalam kasus dugaan penyimpangan (korupsi) UMKM di Dinas Koperasi (Diskop) Usaha Kecil dan Perindag Gresik, Senin (26/2/2024).

Kedua tersangka itu adalah Kabid Koperasi dan UKM Fransiska Dyah Ayu Puspitasari, dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ) Diskop Joko Pristiwanto.

Fransiska ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat penetapan tersangka nomor: Print-362/M.5.27/Fd.2/02/2024 tanggal 26 Februari 2024.

Sementara Joko Pristiwanto ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat beromor: Print-361/M.5.27/Fd.2/02/2024 tanggal 26 Februari 2024.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Gresik Alifin Nurahmana Wanda mengatakan tambahan dua tersangka tersebut merupakan hasil pengembangan penyidikan.

Ia menjelaskan bahwa dua pejabat aktif tersebut diduga ikut serta dan berperan aktif atas penyaluran dana hibah ke pelaku kelompok usaha mikro (KUM) yang mengakibatkan kerugian negara.

"Pada perkara ini keduanya diduga ikut bersama-sama dan turut serta atas dugaaan tindak pidana korupsi hibah di UMKM," ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com.

Namun, kedua tersangka belum dilakukan penahanan. "Pasalnya, proses penyidikan masih terus dikembangkan dan juga masih proses pemberkasan," tutur Alifin.

Dengan demikian, total ada 4 tersangka dalam perkara dugaan penyalahgunaan hibah UMKM dengan anggaran dari APBD-P Gresik 2022 sebesar Rp17,6 miliar.

"Satu tersangka dari penyedia barang, Riyan Febriyanto dan mantan Kepala Diskop Malahatul Farda. Keduanya sudah ditahan. Kemudian Siska dan Joko," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO