Jumlah Pemilih dalam Pilkada Jember akan Meningkat

Jumlah Pemilih dalam Pilkada Jember akan Meningkat Habib M Rohan saat menyampaikan materi bimtek pemutakhiran data. (yudi/BANGSAONLINE)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember memprediksi dalam pemilhan Kapala Daerah (Pilkada) yang akan datang jumlah pemilih akan meningkat dibandingkan dengan pemilu Legislatif (Pileg) maupun Presiden.

“Dalam Pilkada yang akan datang kami prediksi Jumlah pemilh akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah pemilih di Pilpres (Pemilihan Presiden) dan Pileg lalu,” terang Divisi Teknis dan Data KPU Jember, Habib M. Rohan, seusai menyampaikan materi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih Sementara (DPS), Selasa (1/9) di Aula KPU Jember.

Rohan menjelaskan jika jumlah pemilih akan naik karena menurut data dari Dinas Kependudukan, jumlah pemilih mengalami perubahan. Berdasarkan data dari kependudukan, potensi Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Jember 2015 ini sebanyak 1.926.360 jiwa. Sedangkan kalau dibandingkan dengan data Pemilih Tetap (DPT) pada Pilpres 2014 lalu sebanyak 1.761.890 jiwa.

“Jadi, ada selisih sekitar 200.000 jiwa. Data ini memang bisa berubah. Bisa nanti lebih banyak dari DPT Pilpres atau lebih sedikit,” katanya.

Lebih lanjut menurut Rohan, faktor yang sangat dominan untuk mempengaruhi peningkatan jumlah pemilih ini salah satunya adalah banyaknya pemilih pemula. Pemilih kategori ini yaitu pemilih yang sudah berusia minimal 17 tahun atau sudah pernah menikah pada saat pemilihan.

“Untuk di DP 4 Jumlah pemilih pemula sekitar 23.142 orang. Sedangkan untuk proses pemutakhiran data sampai saat ini masih belum selesai. Sesuai jadwal yang sudah di tetapkan oleh KPU, DPS akan diumumkan pada tanggal 2 September besok,” Jelas Rohan. (yud/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO