Kader NU Jadi Cawapres, Nahdliyin Pulau Bawean Serentak Lakukan Konsolidasi

Kader NU Jadi Cawapres, Nahdliyin Pulau Bawean Serentak Lakukan Konsolidasi Sekretariat Kolaborasi Indonesia Pulau Bawean, Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kalangan pesantren dan menyambut baik atas penetapan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menjadi pasangan Baswedan dalam pesta demokrasi mendatang. Hal tersebut dibuktikan dengan gerak bersama warga dan Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) di Pulau , .

“Pulau merupakan basis , maka kita terus bekerja sama dengan jaringan warga lainnya agar bisa bersama-sama mendekatkan gagasan dan ide perubahan kepada warga,” kata Ketua SKI Pulau , Ilham Syifa, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (21/9/2023).

Ia menambahkan, gerakan konsolidasi yang dilakukan melalui kegiatan musyawarah Reboan, selalu dijalankan. Langkah itu untuk pembasisan pemenangan dan konsolidasi, serta sosialisasi sosok Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres-cawapres kepada masyarakat

Ilham menuturkan, sebelum deklarasi pasangan capres dan cawapres koalisi perubahan, ada sebagian kalangan belum dapat menerima sosok Baswedan. Namun setelah berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, kondisinya kini berbalik 180 derajat.

“Dengan kehadiran membuat teman-teman warga siap memenangkan pasangan AMIN termasuk kalangan kiai dan pesantren," ujarnya.

Sementara itu, Untoro Hariadi selaku pengurus SKI pusat mengatakan bahwa Musyawarah Reboan dalam prosesnya juga ditujukan untuk memurnikan nilai demokrasi yang selama ini terdistorsi. Selain menangkap keresahan masyarakat pada persoalan sosial, kegiatan ini juga bertujuan menggalang dukungan masyarakat setempat

“Proses ini sebenarnya memaknai kembali demokrasi sebagai proses substansial, alih-alih sebagai proses elektoral apalagi transaksional. Tetapi di saat bersamaan metode ini bisa direplikasi dan dikerjakan oleh siapapun,” paparnya. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO