Jumat, 18 September 2020 21:29

Menko Polhukam Mahfud MD Minta Jaringan Penusuk Syekh Ali Jaber Dibongkar

Minggu, 13 September 2020 22:51 WIB
Editor: MMA
Menko Polhukam Mahfud MD Minta Jaringan Penusuk Syekh Ali Jaber Dibongkar
Menko Polhukam Mahfud MD. foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menko Polhukam Mahfud MD langsung merespons peristiwa penusukan terhadap Syech Ali Jaber di Lampung, Minggu (13/9/2020).

“Maka saya sebagai Menko Polhukam, atas nama Pemerintah, menyampaikan instruksi dan penjelasan sebagai berikut,” kata Mahfud MD dalam keterangan tertulisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Ahad (13/9/2020) malam:

Ada empat poin pernyataan Menko Polhukam terkait peristiwa tersebut.

Pertama, ”Aparat keamanan Lampung supaya segera mengumumkan identitas pelaku, dugaan motif tindakan, dan menjamin bahwa proses hukum akan dilaksanakan secara adil dan terbuka,” kata Mahfud MD.

Kedua, tegas Mahfud MD, Syekh Ali Jaber adalah ulama yang banyak membantu Pemerintah dalam amar makruf nahi munkar dalam kerangka Islam rahmatan lil alamiin, Islam sebagai rahmat dan sumber kedamaian di dunia, Islam wasathiyyah.

(Syekh Ali Jaber. foto: wikipedia)

"Selama ini beliau selalu berdakwah sekaligus membantu Satgas Covid-19 dan BNPB untuk menyadarkan umat agar melakukan sholat di rumah pada awal-awal peristiwa Corona. Jadi Syech Ali Jaber adalah ulama yang aktif membantu pemerintah yang bahkan pernah berceramah dan berbuka puasa bersama Presiden Joko Widodo, Presiden SBY, dan Pimpinan lembaga negara lainnya,” kata menteri asal Madura itu .

Ketiga, kata Mahfud, pelaku penusukan adalah musuh kedamaian dan perusak kebersatuan yang memushi ulama sehingga harus diadili secara fair dan terbuka serta dibongkar jaringan-jaringannya yang mungkin ada di belakangnya.

Keempat, menurut Mahfud, Pemerintah menjamin kebebasan ulama untuk terus berdakwah amar makruf nahi munkar.

“Dan saya menginstruksikan agar semua aparat menjamin keamanan kepada para ulama yang berdakwah dengan tetap mengikuti ptokol kesehatan di era Covid 19,” kata Mahfud MD.

Sebelumnya, dikutip okezone, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad menyatakan telah menangkap pelaku penusukan terhadap ulama Moh Syekh Ali Jaber di Lampung.

"Sudah saat itu juga tertangkap tangan berkat kerja sama masyarakat, jemaah dan membantu petugas kepolisian," kata Pandra saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (13/9/2020).

(foto ini beredar di media sosial berbarengan dengan videonya. foto: WhatsApp)

Pandra menjelaskan, penusukan itu terjadi pada Minggu (13/9/2020) sore. Saat itu Syekh Ali Jaber tengah menghadiri kegiatan tausiah di Masjid Falahudin, Jalan Pamin, Nomor 45, Kota Bandar Lampungm

Acara itu dimulai sekira pukul 16.00-18.00 WIB. Namun baru mulai 15 menit tiba-tiba ada seorang pria berlari menghampiri Syekh Ali Jaber dan langsung menyerang.

"Saat itu, Syekh Ali Jaber sempat mengatakan bahwa saya mau pinjam HP biar saya fotokan kan gitu, nah tiba-tiba ada seseorang laki-laki tidak dikenal langsung menghampiri dari sebelah kanan, nah dengan itu makan terjadilah kemudian dengan reflek yang tinggi, sempet melakukan tangkisan tapi kena lengan sebelah kanan di bahu," tuturnya.

Warga yang melihat kejadian langsung mengamankan Syekh Ali Jaber untuk dibawa ke Puskesmas Gedong Air, Bandar Lampung untuk dilakukan pengobatan.

"Sekarang kondisi Syelh Ali sudah kembali pulih, artinya ada bekas lukalah bekas tusukan itu, jadi barang buktinya saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh Satreskrim Polres Bandar Lampung dan saat ini kondisi Syekh Ali sudah sehat dan sedang istirahat," tegasnya. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 10 September 2020 10:51 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Detik-detik dua orang wisatawan sebelum tergulung ombak di Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar tertangkap kamera. Peristiwa ini menimpa Yoga (21) dan Hendri Wisnu Pratama (18). Dua oran...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...