Ingin Beli Rokok, Seorang Bocah di Jombang Nekat Curi Sepeda

Ingin Beli Rokok, Seorang Bocah di Jombang Nekat Curi Sepeda Barang bukti curian. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Hanya ingin bisa membeli rokok, RN alias TTG, seorang anak yang masih berusia 15 tahun asal Kecamatan/Kabupaten Jombang, nekat mencuri sepeda angin milik karyawan sebuah toko.

Peristiwa tersebut terjadi di salah satu toko helm yang berada di Jalan RE Martadinata Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang. Sementara sepeda angin yang dicuri, milik Apit Andiyanto, Warga Rowokangkung Kabupaten Lumajang.

Kapolsek Jombang Kota, AKP Wilono mengungkapkan, kejadiannya di parkiran toko. Pelaku mencuri sepeda angin merek United yang saat itu ditinggal pemiliknya ke dalam dengan kondisi sepeda tidak dikunci.

"Melihat sepeda tidak dikunci dan ditinggal pemiliknya masuk ke dalam toko, anak ini kemudian mengambilnya. Korban saat itu mendengar ada suara yang mencurigakan, lalu keluar dan melihat sepedanya sudah raib," ucapnya, Jumat (14/8/2020).

Saat korban mencari, lanjut Wilono, dirinya melihat seorang anak yang mencurigakan memakai jaket jumper warna cokelat. Anak itu mengendarai sepeda angin dengan cara mengayun sepeda menuju Utara masuk gang ke Barat.

"Korban kemudian berteriak "maliiiiing", lalu bersama warga lainnya mengejar pelaku dan akhirnya tertangkap. Dari pengakuannya, pelaku nekat mencuri untuk membeli rokok. Selanjutnya, anak tadi diserahkan pada polisi untuk dilakukan proses lebih lanjut," terangnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, polisi menjerat bocah yang kerja sebagai kuli tersebut dengan Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pencurian. Dikarenakan ancaman hukuman di bawah 7 tahun, polisi tidak melakukan penahanan.

"Pelaku ini sudah putus sekolah, karena masih di bawah umur, maka tidak ditahan karena ancaman hukumannya kurang dari tujuh tahun. (Untuk) proses lanjut, tunggu rekom bapas (balai pemasyarakatan)," pungkas Wilono. (aan/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO