Selasa, 21 Januari 2020 02:54

​Perang Mulai, Iran Hujani Dua Pangkalan Militer AS di Irak dengan Lusinan Rudal

Rabu, 08 Januari 2020 18:41 WIB
Editor: choirul
​Perang Mulai, Iran Hujani Dua Pangkalan Militer AS di Irak dengan Lusinan Rudal
misil balestik yang tak meledak. foto: theguardian

BANGSAONLINE.com – Usai pemakaman Jendral Qasem Suleimani, Iran benar-benar membuktikan ancamannya. Lusinan misil Iran menargetkan pangkalan militer AS di Irak, yaitu pangkalan udara al-Asad dan Erbil. Iran menyatakan, misil-misil ini adalah pembalasan atas pembunuhan Qassem Suleimani pekan lalu.

Pangkalan udara Al-Asad di provinsi Anbar, Irak, dihantam misil 17 kali, termasuk oleh dua rudal balistik yang gagal meledak, demikian siaran dari Kantor Perdana Menteri Irak. JUga Lima rudal diarahkan ke sebuah pangkalan di kota utara Erbil, yang dimulai sekitar pukul 1.30 pagi waktu setempat, pada hari Rabu (22:30 GMT).

Irak, Inggris, Australia, Kanada, dan AS mengatakan tidak ada satu pun personel mereka yang terbunuh atau terluka, dan Donald Trump dan menteri luar negeri Iran, Javad Zarif, tampaknya mengisyaratkan bahwa mereka tidak ingin meningkatkan lebih jauh.

Trump mengatakan, "Semua baik-baik saja!" Katanya di Twitter. Laporan yang masuk ke AS, tanpa ada korban. Sedangkan pejabat Iran mengatakan kepada media pemerintah, tanpa memberikan bukti, bahwa setidaknya 80 personel AS telah tewas atau terluka dalam serangan itu, jumlah korban disembunyikan dari publik.

Stasiun televisi melakukan wawancara dengan orang-orang yang memuji pemogokan. "Ini menunjukkan kekuatan kita," kata seorang pria. "Balas dendam yang sebenarnya adalah ketika orang Amerika meninggalkan daerah itu."

Tidak jelas apakah salvo rudal terbatas akan menandai berakhirnya pembalasan Iran atas kematian Suleimani, Jendral al-Quds, sayap operasi eksternal Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), atau apakah berniat membalas dendam lebih lanjut.

Para analis mengatakan, serangan pertama di pangkalan AS - dirancang untuk memugkinkan para pemimpin Iran memuaskan audiensi domestik mereka bahwa pembunuhan Suleimani telah dibalas, tanpa memaksa pemerintah Trump untuk membalas.

Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengatakan kepada audiensi di kota Qom: “Kami baru saja memberi [AS] tamparan di wajah tadi malam. Tapi itu tidak setara dengan apa yang mereka lakukan."

IRGC mengumumkan dimulainya serangan rudal dalam sebuah pernyataan yang berbunyi: "Tentara berani unit kedirgantaraan IRGC telah meluncurkan serangan yang berhasil dengan puluhan rudal balistik di pangkalan militer al-Asad atas nama martir Jenderal Qassem Suleimani "

Kantor berita semi-resmi Tasnim melaporkan gelombang kedua serangan terhadap pangkalan al-Asad terjadi sekitar pukul 03.20. Media pemerintah Iran ini mengatakan, negara itu telah meluncurkan jet tempur yang telah menembus wilayah udara Irak, tetapi tidak jelas apakah misi mereka adalah pertahanan atau dimaksudkan sebagai persiapan penyerangan.

Pangkalan udara al-Asad yang luas, sekitar 60 kilometer di sebelah barat Baghdad, telah digunakan oleh pasukan Amerika dan pasukan koalisi sejak penangkapannya selama invasi pimpinan-AS 2003 ke Irak dan telah dikunjungi Trump dan wakil presiden, Mike Pence, dalam 18 bulan terakhir. Diperkirakan menampung sekitar 1.500 tentara asing.

Para pejabat IRGC dikutip di media-media pemerintah memperingatkan AS agar tidak membalas serangan rudal itu dan memperingatkan bahwa Israel dapat diserang jika itu terjadi.

seorang milisi Syiah yang didukung Iran, Kata'ib Hezbollah, yang serangannya terhadap pasukan koalisi dan AS memicu pemogokan besar-besaran yang memuncak dalam pemogokan.

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani, mengatakan 13 "skenario balas dendam" sedang dipertimbangkan setelah pembunuhan sang Jendral, dan bahwa bahkan pilihan yang paling terbatas pun akan menjadi "mimpi buruk bersejarah" bagi AS.

Shamkhani mengatakan kepada kantor berita Tasnim: "27 pangkalan AS yang paling dekat dengan perbatasan Iran sudah dalam keadaan siaga tinggi; mereka tahu bahwa tanggapannya kemungkinan mencakup rudal jarak menengah dan panjang. ”

Trump menanggapi ancaman Iran dalam sambutannya kepada pers di Gedung Putih. “Kami benar-benar siap. Dan juga, kami siap untuk menyerang jika harus,” katanya. Tapi dia tampaknya menarik diri dari ancaman sebelumnya untuk menargetkan situs budaya Iran, kejahatan perang yang potensial.

Sekutu-sekutu AS sudah mulai meninggalkan Baghdad, yang ramai saat malam turun pada hari Selasa dengan helikopter terbang masuk dan keluar dari distrik diplomatik berbenteng kota, yang dikenal sebagai Zona Hijau. Kanada, yang memimpin misi pelatihan NATO, mengatakan pihaknya menarik beberapa dari 500 tentaranya, dan Jerman mengatakan kehadirannya di Irak akan "sementara ditipiskan". Sebagian besar pasukan NATO yang ditarik dilaporkan menuju Kuwait.

"Kami sementara waktu menangguhkan pelatihan kami di lapangan, dan kami mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi orang-orang kami," kata seorang juru bicara NATO. "Ini termasuk reposisi sementara beberapa personel ke lokasi yang berbeda baik di dalam maupun di luar Irak."

Koalisi pimpinan AS untuk melawan ISIS juga memposisikan ulang pasukannya untuk mengurangi kerentanan mereka terhadap serangan. Sekretaris pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan personel yang tidak penting dipindahkan dari Baghdad ke Taji, sekitar 19 mil (30 km) ke utara.

Menanggapi serangan itu, Dominic Raab, menteri luar negeri Inggris, mengatakan: "Kami mengutuk serangan terhadap pangkalan militer Irak ini yang menampung koalisi - termasuk pasukan Inggris -.

“Kami prihatin dengan laporan korban dan penggunaan rudal balistik. Kami mendesak Iran untuk tidak mengulangi serangan sembrono dan berbahaya ini, dan sebaliknya untuk mengejar eskalasi yang mendesak. "Perang di Timur Tengah hanya akan menguntungkan Daesh [Isis] dan kelompok teroris lainnya."

Sumber: theguardian
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...