Puluhan Buruh di Jember Demo Protes Hiasan Jembatan, Nilai Pemkab Hanya Hamburkan Uang

Puluhan Buruh di Jember Demo Protes Hiasan Jembatan, Nilai Pemkab Hanya Hamburkan Uang Hiasan di Jembatan Semanggi yang diprotes puluhan pengunjuk rasa. Hiasan itu menghabiskan anggaran hingga Rp 4,4 miliar.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ratusan buruh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pekerja Antara Kebun (FKPAK) menggelar aksi unjuk rasa, Senin (23/12/2019).

Mereka memprotes proyek hiasan Jembatan Semanggi Jalan Bengawan Solo, Kecamatan Sumbersari yang sampai menghabiskan anggaran sebanyak Rp 4,4 miliar. Sementara di sisi lain, alokasi anggaran penyertaan modal yang dibutuhkan PDP Kahyangan senilai Rp 5,8 miliar ditiadakan.

Mereka menilai, Pemkab Jember hanya menghambur-hamburkan uang untuk hiasan jembatan tersebut.

Demo ratusan buruh itu didampingi Komisi C DPRD Jember yang sekaligus sidak. Dalam demo itu, para buruh juga memasang banyak banner tulisan kecaman di pinggiran jembatan yang sedang direnovasi tersebut.

Ratusan buruh itu sebelumnya melakukan rapat dengar pendapat (RDP) di kantor dewan, kemudian dilanjutkan dengan melakukan aksi protes di Jembatan Semanggi.

"Kami menuntut pengusutan tuntas proyek dari Perubahan APBD 2019 melalui pengalihan dari anggaran penyertaan modal PDP Kahyangan untuk aksesoris jembatan Semanggi," ujar Koordinator FKPAK Dwi Agus Budiyanto di sela aksi unjukrasanya, Senin (23/12/2019).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO