Selasa, 15 Oktober 2019 19:29

Cegah Korupsi, KPK Beri Penyuluhan kepada Mahasiswa Unigoro

Sabtu, 21 September 2019 14:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Cegah Korupsi, KPK Beri Penyuluhan kepada Mahasiswa Unigoro
Ketua Tim Satgas Pendidikan Tinggi dan Kementerian KPK Muhammad Indra Furqon saat menyampaikan paparan.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Di tengah kontroversi dan pro-kontra revisi Undang-Undang KPK oleh Pemerintah dan DPR, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus bekerja memberikan edukasi tentang pencegahan korupsi.

Sabtu pagi, (21/9/19), Ketua Tim Satgas Pendidikan Tinggi dan Kementerian KPK Muhammad Indra Furqon, memberikan penyuluhan kepada para mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) untuk mencegah timbulnya mentalitas korupsi di usia muda.

"Kami di unit pencegahan KPK sebetulnya tidak kalah kuatnya dengan unit penindakan. Jadi kami ini ingin membentuk generasi berikutnya atau generasi muda yang punya integritas. Kami bekerja memberikan penyuluhan serentak dari jenjang TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi supaya ke depan  calon-calon pemimpin di seluruh birokrat punya integritas," ujar Muhammad Indra saat memberikan penyuluhan.

Kata dia, mahasiswa baru penting diberikan wawasan tentang pencegahan korupsi. Kata dia, kaum milenial harus meningkatkan integritas. Setelah punya integritas, mereka harus salurkan melalui media sosial dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

"Mahasiswi jangan hanya bicara infotainment aja, jangan bicara hoax aja. Tetapi bicara tentang integritas, keadilan, kejujuran, dan anti korupsi," harapnya.

Ia juga menegaskan, bahwa KPK tengah menyiapkan regulasi pendidikan anti korupsi dan integritas masuk di mata pelajaran sekolah mulai jenjang SMP, SMA, dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Sementara itu menanggapi revisi Undang-Undang KPK oleh Pemerintah dan DPR RI, Muhammad Indra Furqon menolak keras.

"Jelas kami menolak tentang RUU itu. Selama ini apakah KPK kurang efektif dan efisien, kalau iya di mana? Kenapa harus KPK yang dirubah RUU-nya, katanya memperkuat? KPK dibentuk untuk apa? Tentu ya untuk memperkuat birokrat, tetapi kenapa KPK sudah kuat malah direvisi? Kan aneh. Udah gitu terburu-buru," tegas dia.

Arif Januaro, Ketua Yayasan Universitas Bojonegoro (Unigoro) menambahkan, pihaknya sengaja mengundang KPK agar mahasiswanya punya integritas, punya rasa kejujuran dan tanggung jawab tinggi.

"Ya, bagian dari membangun integritas mahasiswa kami. Jadi dua tahun ini kita adakan pengenalan kampus dengan materi anti korupsi dengan tujuan ada integritas bagi mahasiswa baru untuk peduli terhadap lingkungan, dan negara," terangnya.

Kata dia, selain materi anti korupsi juga diberikan materi anti narkotika serta terorisme. Materi-materi penting tersebut akan terus diberikan ke depannya kepada mahasiswa baru Unigoro. (nur/rev) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...