BPBD Tuban Ingatkan Ancaman Puting Beliung

BPBD Tuban Ingatkan Ancaman Puting Beliung Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono

TUBAN (BangsaOnline) - Peralihan musim kemarau menuju penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten mengingatkan pada warga agar mewaspadai bencana angin puting beliung.

"Potensi Puting Beliung berpeluang muncul saat peralihan musim dari kemarau ke musim hujan, begitu Juga sebaiknya," ujar kepala BPBD Kabupaten , Joko Ludiono saat dikonfirmasi HARIAN BANGSA Minggu (16/11).

Ditambahkan, wilayah yang berpotensi terkena angin puting beliung adalah wilayah perbukitan seperti Kecamatran Widang, Semanding, Merakurak, Rengel, Montong, Singgahan, Jatirogo, Bancar, Kerek dan Palang.

"Wilayah tersebut berpotensi diterjang angin puting beliung, dan sudah masuk dalam maping (pemetaan/catatan) peta bencana kami, dari seringnya terjadi bencana angin disana," ujar mantan Camat Gerabagan ini.

Dijelaskan wilayah perbukitan berpotensi puting beliung karena angin yang bertiup akan menghantam dinding perbukitan kemudian akan berbalik arah. Sementara itu, angin yang berasal dari arah berlawanan (arah sebelumnya) akan memicu tabrakan angin yang kemudian membuat pusaran angin (puting beliung).

"Inilah yang kemudian menciptakan angin puting beliung, makanya daerah perbukitan seperti, Montong, Semanding itu cukup rawan. Secara geografis beberapa wilayah berada di perbukitan kapur," beber Joko.

Ia mebambahkan, biasanya Puting beliung terjadi ditandai dengan munculnya awan columbus, yang kemudian disusul dengan angin ribut angin kencang disertai petir dan hujan lebat.

"Saat gejala-gejala itu muncul, kami imbau kepada masyarakat yang berada di wilayah potensi, segera mencari tempat yang lebih aman. Hindari berada di bawah pohon besar apalagi pohon yang sudah berusia tua,"tutur Joko memberi saran.

Sumber: Harian Bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO