Selasa, 20 Agustus 2019 13:18

Garda Pantura Ungkap Catatan Buruk Pemilu, Begini Penjelasan Ketua KPU Pasuruan

Rabu, 24 April 2019 20:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Garda Pantura Ungkap Catatan Buruk Pemilu, Begini Penjelasan Ketua KPU Pasuruan
LSM Garda Pantura saat melakukan audiensi dengan KPU dan Bawaslu Pasuruan di Pogar Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINJE.com - Pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pasuruan telah usai. Namun pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahun sekali tersebut dianggap punya banyak catatan buruk oleh LSM Garda Pantura. Saat pemilu berlangsung di beberapa tempat, ditemukan permasalahan di antaranya surat suara kurang, pengiriman logistik oleh KPU telat, serta dugaan adanya money politics yang dilakukan oleh para caleg.

Hal tersebut disampaikan Ketua LSM Garda Pantura Lukman Hakim saat melakukan audiensi dengan KPU dan Bawaslu di Pogar Bangil. Ia menilai pelaksanaan Pemilu di kabupaten secara umum memang selesai. Akan tetapi bukan berarti kinerja KPU selaku penyelenggara pemilu sudah sukses. Pihaknya menemukan beberapa pelanggaran di beberapa kecamatan maupun desa seperti tersebut di atas.

Menurutnya, hal tersebut menggambarkan kinerja KPU tidak optimal dan persiapan yang tidak matang. Ia mencontohkan di Desa Wangkal, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan ada salah satu TPS yang kekurangan surat suara Presiden.

"Begitu mendapat informasi, kita langsung kroscek di lapangan. Faktanya memang 47 DPT yang tidak menerima surat suara presiden,“ jelasnya.

Lukman juga menganggap KPU selaku penyelanggara Pemilu tak menjalankan tugasnya dengan maksimal, termasuk soal rekrutmen petugas KPPS. "Imbasnya jelas, dalam pelaksanaan pemilu ada permasalahan. Ini lemahnya koordinasi antara KPU dan PPK di tingkat kecamatan,“ jelasnya.

Terkait hal ini, Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Zainul Faizin yang dikonfirmasi terpisah tidak menampik adanya temuan dari LSM Garda Pantura tersebut. 

“Saya berterima kasih atas masukan dan koreksi dari teman-teman. Soal adanya temuan selama pelaksanaan pemilu, saya tegaskan itu bukan unsur kesengajaan, akan tetapi karena SDM semata,“ jelasnya.

Ia menambahkan, jelang pelaksanaan pemungutan kurang dua hari, dirinya intens melakukan pengawasan di lapangan. Tujuannya untuk mengecek pengiriman logistik ke beberapa kecamatan bersama dengan PPK.

"Jadi tidak benar kalau pelaksanaan Pemilu di Pasuruan dianggap gagal. Kalau ada kekurangan memang ada, tapi itu sudah dilakukan perbaikan," tambahnya.

Ketua Bawaslu M Nasrup yang dikonfirmasi terkait soal adanya dugaan money politics, dirinya menyebut sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat. Menurut dia, aduan soal money politics harus memenuhi unsur formil dan material.

“Penindakan adanya dugaan money politik harus dilengkapi alat bukti. Kalau hanya berdasarkan informasi, jelas tidak bisa ditindaklanjuti Bawaslu,” jelasnya. (bib/par/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...