Jumat, 13 Desember 2019 18:09

Garda Pantura Ungkap Catatan Buruk Pemilu, Begini Penjelasan Ketua KPU Pasuruan

Rabu, 24 April 2019 20:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Garda Pantura Ungkap Catatan Buruk Pemilu, Begini Penjelasan Ketua KPU Pasuruan
LSM Garda Pantura saat melakukan audiensi dengan KPU dan Bawaslu Pasuruan di Pogar Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINJE.com - Pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pasuruan telah usai. Namun pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahun sekali tersebut dianggap punya banyak catatan buruk oleh LSM Garda Pantura. Saat pemilu berlangsung di beberapa tempat, ditemukan permasalahan di antaranya surat suara kurang, pengiriman logistik oleh KPU telat, serta dugaan adanya money politics yang dilakukan oleh para caleg.

Hal tersebut disampaikan Ketua LSM Garda Pantura Lukman Hakim saat melakukan audiensi dengan KPU dan Bawaslu di Pogar Bangil. Ia menilai pelaksanaan Pemilu di kabupaten secara umum memang selesai. Akan tetapi bukan berarti kinerja KPU selaku penyelenggara pemilu sudah sukses. Pihaknya menemukan beberapa pelanggaran di beberapa kecamatan maupun desa seperti tersebut di atas.

Menurutnya, hal tersebut menggambarkan kinerja KPU tidak optimal dan persiapan yang tidak matang. Ia mencontohkan di Desa Wangkal, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan ada salah satu TPS yang kekurangan surat suara Presiden.

"Begitu mendapat informasi, kita langsung kroscek di lapangan. Faktanya memang 47 DPT yang tidak menerima surat suara presiden,“ jelasnya.

Lukman juga menganggap KPU selaku penyelanggara Pemilu tak menjalankan tugasnya dengan maksimal, termasuk soal rekrutmen petugas KPPS. "Imbasnya jelas, dalam pelaksanaan pemilu ada permasalahan. Ini lemahnya koordinasi antara KPU dan PPK di tingkat kecamatan,“ jelasnya.

Terkait hal ini, Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Zainul Faizin yang dikonfirmasi terpisah tidak menampik adanya temuan dari LSM Garda Pantura tersebut. 

“Saya berterima kasih atas masukan dan koreksi dari teman-teman. Soal adanya temuan selama pelaksanaan pemilu, saya tegaskan itu bukan unsur kesengajaan, akan tetapi karena SDM semata,“ jelasnya.

Ia menambahkan, jelang pelaksanaan pemungutan kurang dua hari, dirinya intens melakukan pengawasan di lapangan. Tujuannya untuk mengecek pengiriman logistik ke beberapa kecamatan bersama dengan PPK.

"Jadi tidak benar kalau pelaksanaan Pemilu di Pasuruan dianggap gagal. Kalau ada kekurangan memang ada, tapi itu sudah dilakukan perbaikan," tambahnya.

Ketua Bawaslu M Nasrup yang dikonfirmasi terkait soal adanya dugaan money politics, dirinya menyebut sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat. Menurut dia, aduan soal money politics harus memenuhi unsur formil dan material.

“Penindakan adanya dugaan money politik harus dilengkapi alat bukti. Kalau hanya berdasarkan informasi, jelas tidak bisa ditindaklanjuti Bawaslu,” jelasnya. (bib/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 12 Desember 2019 12:27 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Di penghujung tahun 2019, Jawa Timur Park (JTP) 3 Kota Batu kembali menghadirkan theme park terbaru yang tidak kalah menarik dengan theme park lainnya, yakni Milenial Glow Garden (MGG). Obyek wisata Spektakuler Lighting ...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...