Bawaslu Temukan Belasan Kalender Paslon 02 Berlogo Pemkab Tuban

Bawaslu Temukan Belasan Kalender Paslon 02 Berlogo Pemkab Tuban Ulil Abror Al Mahmud, Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, menunjukkan sejumlah kalender yang disita.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban menemukan belasan kalender pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang mencantumkan logo Pemkab Tuban.

Pengamatan BANGSAONLINE.com, logo Pemkab Tuban diletakkan di pojok kiri atas. Kalender yang juga mencantumkan foto pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 02 tersebut didapati telah tersebar di warung-warung yang berada di Kecamatan Senori, Tuban.

Menurut keterangan Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Ulil Abror Al Mahmud, temuan tersebut berdasarkan laporan dari pengawasan Panwascam Senori. "Alat Peraga Kampanye (APK) tersebut bertentangan dengan Peraturan KPU nomor 23 terkait desain dan materi alat peraga kampanye. Sementara ini ada 19 kalender yang kita amankan dan kita lakukan kajian lebih lanjut apakah benar mencantumkan logo pemkab atau hanya menyerupai saja," ujar Ulil kepada BANGSAONLINE.com, Senin (8/4).

Pihaknya juga akan memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan lebih lanjut guna mendalami kasus tersebut. "Untuk pemilik atau pelaku penyebar ini kami belum bisa memastikan. Jika nanti ditemukan kebenaran logo itu, kami akan merekomendasikan untuk dibersihkan," katanya.

Untuk meminimalisir kejadian serupa terulang kembali, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran panwascam untuk segera melakukan pengawasan terhadap penyebaran APK tersebut. Sementara untuk masyarakat yang menemukan hal-hal yang diduga menyalahi aturan, ia mengimbau supaya segera melapor.

"Bila ada warga yang hal-hal sekiranya berentangan dengan atuan perundang-undangan pemilu, mohon secepatnya diinformasikan kepada jajaran kami, baik di panwascam maupun di tingkat desa," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO