Mahasiswa Asal Gresik Wakili Jawa Timur Pertukaran Pelajar ke India

Mahasiswa Asal Gresik Wakili Jawa Timur Pertukaran Pelajar ke India Wabup Moh. Qosim saat menerima duta pemuda Gresik Robi'ul Adawiyah. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Robi’ul Adawiyah (20), mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) asal kota akan mewakili Jawa Timur sebagai duta pemuda dalam Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2018.

Rencananya, dia bersama 24 orang perwakilan dari Provinsi se-Indonesia akan berangkat ke India pekan depan. PPAN merupakan program pertukaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Program ini menghimpun para pemuda dari seluruh provinsi untuk dikirim ke berbagai negara yang telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia.

Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jairuddin, mahasiswi tersebut mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk bertemu dengan Bupati Sambari dan Wabup Moh. Qosim, Rabu (25/4/2018).

Jairuddin menjelaskan, terpilihnya Robi'ul Adawiyah melalui mengikuti seleksi dan pelatihan di tingkat Provinsi. Hilda, sapaannya, selanjutnya bersama dengan pemuda dari provinsi lain akan membawa nama harum Indonesia dan Jawa Timur, khususnya Kabupaten di India.

"Kami merasa bangga karena Kabupaten mempunyai sosok pemuda yang bisa membawa nama baik Kabupaten , khususnya dan Indonesia pada umumnya di kancah Internasional," ujarnya.

Sementara Wabup Moh. Qosim mengaku senang dengan adanya kegiatan pertukaran pemuda antar negara ini. Wabup berpesan agar Hilda memperluas wawasannya terkait dengan budaya lokal asli agar lebih meyakinkan saat memperkenalkannya di India.

"Kami yakin warga masyarakat di India pasti tertarik dengan kebudayaan asal seperti misalnya tarian lokal. Dan kami yakin, Hilda mampu memperkenalkan kepada Pemerintah dan warga yang ada di sana," paparnya.

Hilda mengatakan bahwa proram ini dibuat sebagai bentuk kerja sama bilateral dan pembentukan soft-diplomasi negara melalui para pemuda yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa. (hud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO