Minggu, 19 Mei 2019 16:39

700 Ikan Ramaikan Festival Koi Kediri 2018

Senin, 05 Maret 2018 21:23 WIB
Wartawan: Arif Kurniawan
700 Ikan Ramaikan Festival Koi Kediri 2018
Ikan-ikan yang dilombakan di Convention Hall Simpang Lima Gumul Kediri. Foto: dinas kominfo

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Festival Koi Show 2018 digelar di Convention Hall Monumen Simpang Lima (SLG) Kabupaten Kediri. Sebanyak 204 peserta dari berbagai daerah di Indonesia ikut dengan jumlah ikan koi yang dilombakan mencapai 700 ekor.

Ketua Koi Club Kabupaten Kediri Sahrul Munir mengatakan, Festival Koi Show ini dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Kediri ke 1.214 tahun. 

“Peserta berasal dari berbagai penjuru Nusantara di Indonesia, seperti Kalimantan, Sumatera, Jogjakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya, Kediri dan masih banyak lagi,” kata Sahrul, yang juga Ketua Panitia Pelaksana, Sabtu (3/3).

Dalam festival ikan koi ini ada berbagai jenis ikan koi yang dilombakan. Antara lain, ikan koi kohaku, tancho, asagi, shusui, bekko doitsu, koromo, goshiki, hikari mujimono, ki utsurimono, dan kinginrin.

Sahrul berharap, dengan adanya festival koi ini mampu mengangkat pamor ikan koi sendiri, mampu mengangkat harga jual ikan.

Festival ini juga menjadi penyemangat dari para pembudidaya ikan koi dalam menggeluti pekerjaan di dunia perikanan ini.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid, dalam festival lomba ikan koi ini ada beberapa kriteria yang dinilai, yakni mulai dari ukuran, warna, corak, dan kesehatan ikan.

Dinas Perikanan bersama panitia bekerja sama dengan juri berstandar internasional untuk menilai iklan yang dilombakan. Ada delapan orang juri yang dipersiapkan. Mereka akan dibagi menjadi dua kelompok untuk menilai ikan dari kriteria yang ditentukan. 

“Acara ini untuk meningkatkan kualitas ikan, juga sebagai promosi bagi masyarakat untuk lebih menggemari ikan koi. Mengingat prospek ikan koi sangat bagus. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian para penghobi ikan koi," tutupnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kab. Kediri H. Supoyo, SH. MSi. sangat mengapresiasi terselenggaranya Festival Ikan Kabupaten Kediri. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pembudidaya koi dan cupang di Kabupaten Kediri serta bagi pembudidaya ikan hias di seluruh Indonesia.

“Sebagai agenda rutin yang digelar tiap tahun, event ini menjadi ajang yang sangat baik untuk mempertemukan para pembudidaya dan penghobi ikan hias dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga akan dapat meningkatkan nilai ekonomi, sekaligus mengangkat ikan hias lokal sebagai salah satu produk unggulan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kediri,” katanya.

Sampai tahun ini, potensi ikan hias di Kabupaten Kediri tercatat sebanyak 291.551.000 ekor. Untuk betta sejumlah 96.720.000 ekor dengan nilai ekonomis sekitar 43 M. Sementara itu koi tercatat 59.703.000 ekor dengan nilai ekonomis mencapai 238 M. Sentra ikan tersebar di beberapa wilayah, yaitu Kecamatan Plosoklaten, Ngadiluwih, Badas, Kras, Kandat, Ringinrejo, Gurah dan Wates. Wilayah-wilayah tersebut diharapkan menjadi pusat pembudidayaan dan pemasaran ikan hias koi yang nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kediri. (adv/rif)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...