Pamekasan Kirim Duta Seni pada Festival Karya Tari Provinsi Jatim 2017

Pamekasan Kirim Duta Seni pada Festival Karya Tari Provinsi Jatim 2017 Para duta seni Pamekasan saat melakukan gladi resik. foto erri sugianto/BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten , Madura Jawa Timur, mengirimkan duta seni pada karya tari daerah provinsi Jawa Timur, tanggal 18 - 20 Mei mendatang yang digelar di gedung Cak Durasin, Jalan Genteng Kali 85 Surabaya.

Kegiatan karya daerah ini merupakan agenda rutin Pemprov Jatim dalam rangka mencari duta seni dari seluruh Jawa Timur untuk dikirimkan dalam karya tingkat nasional.

Soni Budiarto SH. MSi sebagai Art Director duta karya mengatakan bahwa Pemkab setiap tahun rutin berpartisipasi mengirimkan duta seni untuk menunjukkan bahwasanya bumi gerbang salam memiliki seni budaya yang patut dilestarikan dan dikembangkan.

"Kali ini konsep yang kita bawa adalah mengangkat nilai-nilai tradisional yang ada dan berkembang di Kabupaten . Yakni "Pojian", sebuah bentuk upacara adat permohonan kepada Yang Maha Kuasa dan mempunyai prosesi ritual," ungkapnya.

Diceritakan, tarian ini menggambarkan suasana Desa Murtajih yang sedang dilanda paceklik, kekurangan sandang pangan, bahkan air di sumur-sumur kering kerontang. Maka masyarakat sepakat untuk mengadakan ritual "Pojian" yaitu ritual permohonan kepada Yang Maha Kuasa, untuk meminta turunnya hujan.

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO