Ribuan Pengunjung Banjiri ​Festival Ketupat Raksasa di Pamekasan

Ribuan Pengunjung Banjiri ​Festival Ketupat Raksasa di Pamekasan Sekretaris Disparbud menyerahkan ketupat raksasa kepada Pj Sekdakab Pamekasan falam festival ketupat raksasa di pantai Talang Siring.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Perayaan Lebaran Ketupat di Pantai Talang Siring yang berada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, dimeriahkan dengan Festival Ketupat Raksasa. Ribuan pengunjung tampak membanjiri tersebut, selain ingin menikmati keindahan pantai Talang Siring.

Festival ketupat raksasa yang merupakan gawe Disparbud dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Montok tersebut untuk melestarikan budaya lebaran ketupat yang sudah menjadi tradisi masyarakat .

Menurut Halifaturrahman, Kabid Pariwisata Disparbud , diadakannya ketupat raksasa ini selain untuk menarik minat para wisatawan, juga untuk melestarikan lebaran ketupat yang ada di Madura khususnya Kabupaten .

"Pantai Talang Siring yang merupakan destinasi pariwisata yang sedang kita kembangkan dan juga agar para pengrajin ketupat juga lebih kreatif dan berkreasi lebih baik lagi," ungkap Mamang, sapaan Halifaturrahman. Rabu (12/06/19).

Sedangkan Pj Sekdakab Andik Fadjar Tjahyono yang membuka acara tersebut mengatakan, Pantai talang siring merupakan destinasi wisata yang potensial. "Apalagi dengan adanya hutan mangrave yang juga menambah pesona pantai yang indah ini," tuturnya.

Menurut Andik, yang paling penting bagaimana cara pengelolaannya yang baik dan benar. "Destinasi wisata ini yang baik adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Talang Siring ini dan penataan para pedagang agar tetap bersih indah dan menyenangkan," tambahnya.

Festival ketupat raksasa dengan hadiah berupa piala dan uang pembinaan ini akan dijadikan agenda tahunan. Sedangkan lomba pembuatan ketupat raksasa yang diikuti 20 peserta tersebut dimenangkan ketupat berdiameter 105 cm, dengan panjang 44 cm, dan lebar 42 cm yang dibuat oleh Sukri, warga Desa Sokolela, Kecamatan Kadur, Kabupaten . (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO