Kamis, 20 Februari 2020 12:24

Festival Sape Sonok Bangkalan Pikat Wisatawan Asing

Sabtu, 05 Oktober 2019 19:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Festival Sape Sonok Bangkalan Pikat Wisatawan Asing
Sapi-sapi peserta Festival Sape Sonok yang siap tampil.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Bangkalan ditunjuk sebagai tuan rumah pergelaran Festival Sape Sonok yang dilaksanakan di Alun-alun Timur Kabupaten Bangkalan, Sabtu (5/10/2019). Festival Sape Sonok ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Festival Sape Sonok merupakan ajang kontes kecantikan sapi betina. Para sapi didandani sedemikian rupa, lalu berjalan berlenggak lenggok bak di atas catwalk menuju finish dengan iringan musik "saronen" khas Sumenep.

Walaupun sebagai tuan rumah, Kabupaten Bangkalan tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kontes sapi cantik ini.

Menurut keterangan Bupati Bangkalan Latif Imron, warga Bangkalan masih cenderung menyukai Kerapan Sapi daripada Sape Sonok. Oleh sebab itu, Festival Sape Sonok kali ini hanya diikuti oleh perwakilan 3 kabupaten, yakni Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Untuk itu, dengan dijadikannya Bangkalan sebagai tuan rumah Festival Sape Sonok ini, Bupati Latif berharap ke depannya warga Bangkalan dapat memiliki ketertarikan untuk ikut serta memeriahkan festival yang akan datang.

Dari ketiga kabupaten yang berpartisipasi, total sebanyak 39 peserta yang ikut dalam festival.

Kepala Bakorwil Pamekasan Dr. Alwi menyatakan, digelarnya Festival Sape Sonok ini selain sebagai hiburan, juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak muda untuk bisa belajar ternak sapi. Menurutnya, sapi Madura memiliki spesifikasi yang tidak dimiliki oleh kabupaten/kota lain. Sebab, ada perlindungan khusus untuk menjaga keaslian dan kemurniannya.

Pantauan di lokasi, festival ini selain dihadiri wisatawan lokal, juga wisatawan asing yang berasal dari Republik Ceko. Namanya David. Saat diwawancara awak media, David mengaku tertarik menyaksikan Festival Sape Sonok ketika mengetahui informasi melalui internet.

"It is been recommended one of specialized event of Indonesia and absolutely excited (ini adalah salah satu acara yang spesial di Indonesia, dan sangat disarankan agar dihadiri. Saya benar-benar bersemangat menghadirinya, Red)," ujar David. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...