Festival Sape Sonok Bangkalan Pikat Wisatawan Asing

Festival Sape Sonok Bangkalan Pikat Wisatawan Asing Sapi-sapi peserta Festival Sape Sonok yang siap tampil.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten ditunjuk sebagai tuan rumah pergelaran Festival Sape Sonok yang dilaksanakan di Alun-alun Timur Kabupaten , Sabtu (5/10/2019). Festival Sape Sonok ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Festival Sape Sonok merupakan ajang kontes kecantikan betina. Para didandani sedemikian rupa, lalu berjalan berlenggak lenggok bak di atas catwalk menuju finish dengan iringan musik "saronen" khas Sumenep.

Walaupun sebagai tuan rumah, Kabupaten tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kontes cantik ini.

Menurut keterangan Bupati Latif Imron, warga masih cenderung menyukai Kerapan Sapi daripada Sape Sonok. Oleh sebab itu, Festival Sape Sonok kali ini hanya diikuti oleh perwakilan 3 kabupaten, yakni Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Untuk itu, dengan dijadikannya sebagai tuan rumah Festival Sape Sonok ini, Bupati Latif berharap ke depannya warga dapat memiliki ketertarikan untuk ikut serta memeriahkan yang akan datang.

Dari ketiga kabupaten yang berpartisipasi, total sebanyak 39 peserta yang ikut dalam .

Kepala Bakorwil Pamekasan Dr. Alwi menyatakan, digelarnya Festival Sape Sonok ini selain sebagai hiburan, juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak muda untuk bisa belajar ternak . Menurutnya, Madura memiliki spesifikasi yang tidak dimiliki oleh kabupaten/kota lain. Sebab, ada perlindungan khusus untuk menjaga keaslian dan kemurniannya.

Pantauan di lokasi, ini selain dihadiri wisatawan lokal, juga wisatawan asing yang berasal dari Republik Ceko. Namanya David. Saat diwawancara awak media, David mengaku tertarik menyaksikan Festival Sape Sonok ketika mengetahui informasi melalui internet.

"It is been recommended one of specialized event of Indonesia and absolutely excited (ini adalah salah satu acara yang spesial di Indonesia, dan sangat disarankan agar dihadiri. Saya benar-benar bersemangat menghadirinya, Red)," ujar David. (ida/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO