Nyaris Bakar Rumah, Pemuda Asal Desa Kupang Mojokerto Dibawa ke RSJ Malang

Nyaris Bakar Rumah, Pemuda Asal Desa Kupang Mojokerto Dibawa ke RSJ Malang Sahid sebelum dibawa petugas. foto: SOFFAN/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Akibat sering melakukan pemukulan kepada warga, Sahid Muhaimin pemuda warga Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten yang diduga kuat mengalami gangguan jiwa, Senin (15/1/2018) terpaksa harus dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang Malang.

Proses evakuasi yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten ini sedikit terkendala karena pelaku sempat berontak saat diajak naik mobil petugas dengan tujuan untuk berobat. Namun setelah dirayu akan diajak jalan-jalan ke Surabaya, pelaku akhirnya mau ikut berangkat bersama petugas.

Kastura (58) ibu pelaku menuturkan jika anaknya tersebut mengalami kondisi kurang stabil lantaran sempat dipukul oleh temannya yang juga masih tetangganya sendiri setahun yang lalu. Sejak peristiwa tersebut, pelaku sering melakukan pembalasan kepada siapa saja yang ia temui.

Akibat tindakan tersebut, pihak keluarga berinisiatif untuk mengikat kaki pelaku dengan rantai. ”Saya khawatir, kalau anak saya itu keluar rumah, soalnya kalau ketemu orang pasti langsung dipukul, katanya sih mau balas dendam gitu kalau ditanya. Kemarin rumah ini mau dibakar jadi saya sangat takut,” jelasnya.

Merasa resah, Kastura bersama keluarga sepakat untuk meminta kepada Dinas Sosial Kabupaten untuk membawa anaknya ke Rumah Sakit Jiwa. “Dulu sudah pernah berobat, tapi sekarang kambuh lagi, ya beruntung sekarang Dinsos mau membatu kami,” katanya.

Seperti diketahui, di wilayah Kabupaten ada sedikitnya 43 orang pasien yang mengidap penyakit gangguan jiwa. Dari data tersebut, seluruhnya sudah mendapat penanganan dan sedang menjalami pengobatan di Rumah Sakit Jiwa. “Rata-rata usia mereka 40 tahun dan semuanya sudah mendapat penanganan,“ jelas Sugiarto Kasi Pelayan Dinas Sosial Kabupaten . (sof/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO