Dihempas Bencana, Kunjungan Wisata ke Pacitan Merosot Tajam

Dihempas Bencana, Kunjungan Wisata ke Pacitan Merosot Tajam Salah satu infrastruktur jalan di Pacitan yang masih dalam proses pembersihan. Foto : IST

PACITAN, BANGSAONLINE.com- Animo kunjungan wisata ke Pacitan merosot tajam seiring terjadinya bencana alam banjir bandang dan tanah longsor, Selasa (28/11) lalu. Puncak kunjungan wisata yang diperkirakan bakal berlangsung saat libur Natal dan tahun baru nanti luput dari harapan.

Persoalan tersebut lebih dipengaruhi sulitnya akses menuju Pacitan, serta kondisi cuaca yang terbilang masih cukup ekstrem. Sejumlah ruas jalan, utamanya dari jalur utara yaitu Ponorogo-Pacitan kondisinya masih cukup membayakan. Sekalipun lancar, namun pengendara harus ekstra hati-hati saat melewati titik-titik longsor serta jalan ambles di Desa Gegeran yang hingga detik ini masih diberlakukan buka-tutup jalan.

Hal yang sama juga terjadi di jalur alternatif Pacitan-Solo melalui Sedeng. Jalur yang memperpendek radius menuju Pacitan tersebut saat ini kondisinya juga memprihatinkan, terutama di lokasi tanjakan, Dusun Mloko.

Selain terjadi rekahan-rekahan aspal, juga banyak lubang yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. Pantauan media hingga saat ini, jalur tersebut belum ada langkah perbaikan sekalipun sudah bisa dilewati banyak kendaraan.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata dan Olahraga Pacitan, Hartoko membenarkan adanya penurunan kunjungan wisata ke Pacitan. "Itu berlaku secara menyeluruh di hampir semua daerah tujuan wisata (DTW) yang ada di Pacitan," katanya, Rabu (13/12).

Ia pun juga pesimis untuk bisa mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) yang ditetapkan sebesar Rp 10,6 miliar pasca Perubahan APBD lalu. "Kita berupaya mengejar realisasi dari target tersebut," jelasnya.

Saat ditanya DTW mana yang paling terdampak menurunnya kunjungan wisata, ‎Hartoko belum bisa memerinci secara pasti. "Yang jelas hampir semua DTW mengalami penurunan kunjungan wisata," jawabnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO