Telur Asin Rasa Udang Kebonsari Sidoarjo, Tembus Pasar Mancanegara

Telur Asin Rasa Udang Kebonsari Sidoarjo, Tembus Pasar Mancanegara kemasan telur asin berasa ikan. foto:rizki alfian/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Telur asin Kebonsari Sidoarjo, memang berbeda dengan telur asin produk manapun. Sebab memiliki banyak rasa. Mulai rasa udang, salmon, kepiting. Bahkan saat ini dieksperimen untuk menghadirkan telur asin rasa gingseng.Telur asin ini sudah tembus pasar Thailand dan Jepang.

Memang kampung Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, dikenal sebagai kampung bebek. Hampir semua warganya menjadi peternak bebek. Maka, untuk bahan baku telur asin dipastikan tidak akan kekurangan.

Desa Kebonsari, Kecamatan Candi sendiri, berjarak 8 km dari Alun-alun Sidoarjo. Desa ini dapat dijangkau melalui Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, yang letaknya persis belakang Kantor PJR Candi. Terdapat Gapura Penanda Kampung Bebek, sehingga pelanggan tinggal menelusuri jalan karena sudah ada papan untuk produsen telur asin.

Sulaiman sedang mengemas telur asinnya. Tak berbaju. santai tapi upayanya sukses. foto: rizki alfian

Adalah sang pioner, UD Adon Jaya, milik Sulaiman (59), warga Kebonsari RT05/RW01, yang memulai memasarkan dan bereksperimen telur asin berbagai rasa.

Sulaiman yang hanya tamatan SMP ini, mengawali sebagai peternak bebek, sama seperti tetangga sedesanya.

Namun, dia tak puas hanya dengan berjualan telur asin masir. Dia pun bereksperimen untuk menemukan telur asin berasa lain. Maka, hadirlah telur asin rasa kepiting, salmon dan udang.

Dia menjaga resepnya. Namun, para tetangganya pun akhirnya memroduksi hal yang sama. Sulaiman kini bereksperimen untuk menghadirkan telur asin rasa tanaman toga. Khususnya gingseng.

Sulaiman (59) adalah salah satu diantara produsen telur aneka rasa di desanya yang dinamai UD Adon Jaya. Pria lulusan SMP ini berhasil mengolah telur asin dengan berbagai rasa yakni dengan rasa udang, kepiting, dan ikan Salmon.

Ide rasa ini muncul setelah melakukan kerja sama dengan nelayan yang juga sahabatnya. Kini dirinya juga sedang mencoba untuk menciptakan telur asin Herbal dengan rasa Ginseng, akar alang-alang, daun jambu batu, dan daun salam.

Lihat juga video 'Mulai dari 10 Ribu, Warung Omahe Dewe di Kediri Sediakan Masakan Khas Pedesaan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO