Bupati Sambut Danrem 083/Baladhika Jaya, Pemkab Banyuwangi Dukung Program Serap Gabah Petani

Bupati Sambut Danrem 083/Baladhika Jaya, Pemkab Banyuwangi Dukung Program Serap Gabah Petani Bupati Anas didampingi Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf. Roby Bulan, Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto menerima kunjungan 083/ Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Wachid Apriliyanto di Makodim 0825 Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Bupati Banyuwangi H Abdullah Azwar Anas menyambut hangat kunjungan Komandan Korem (Danrem) 083/ Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Wachid Apriliyanto di Makodim 0825 Banyuwangi. Tampak ikut hadir Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf. Roby Bulan, Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto, serta jajaran Kodim 0825.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas memastikan akan turut mendukung program-program pemerintah pusat, termasuk program Sergap. melalui Dinas Pertanian akan terus berupaya mengoptimalkan penyerapan gabah petani melalui sosialisasi kepada para kelompok tani.

Hal ini untuk mendorong agar mereka mau menjual hasil panennya kepada Bulog, sehingga penyerapan gabah petani di Banyuwangi semakin optimal. “Untuk itu, kami telah menerjunkan 174 petugas penyuluh lapangan (PPL) yang terdiri dari 124 PPL daerah dan 50 THL dari Kementan,” tegas Bupati Anas.

Dalam kunjungan di Makodim Banyuwangi itu, Danrem Kolonel Inf. W. Apriliyanto yang saat itu datang bersama istri dan rombongannya menjelaskan, kunjungannya itu dimaksudkan silaturahmi dan membangun sinergi bersama satuan jajarannya. Ini karena, kolonel lulusan akademi militer tahun 1992 tersebut baru resmi menjabat sebagai Danrem 083/ Baladhika Jaya mulai awal Agustus lalu.

“Sebagai Danrem baru, kewajiban kami adalah menghubungi seluruh satuan jajaran. Selain berkenalan, kunjungan ini untuk mensinergikan seluruh jajaran sehingga pencapaian tugas pokok satuan jajaran Kodam V, Korem dan Kodim bisa maksimal. Oleh karena itu, apa yang menjadi target kami, pimpinan, juga Pangdam, akan kami sampaikan di sini,” tutur kata Kolonel Inf. W. Apriliyanto.

Menurut Danrem, pihaknya juga akan berkunjung ke lokasi pertanian dan gudang bulog di Banyuwangi. Ini untuk melihat langsung pencapaian program swasembaga pangan nasional yang digagas pemerintah pusat dengan melibatkan TNI melalui Upaya Khusus (Upsus), program Serap Gabah Petani (Sergap).

“Kami akan lihat di lapangan sejauh mana pencapaian program yang telah dilaksanakan di Kodim 0825 Banyuwangi. Sekaligus untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang mungkin di hadapi. Jika memang ada kendala, kami bersama dengan kementerian pertanian dan dinas terkait, akan bersama-sama melihat dan mencari solusinya,” papar Danrem.

Salah satunya, imbuh Danrem, bisa dengan memperkuat keterlibatan seluruh Danramil dan babinsa di daerah untuk menjadi penyuluh pertanian dan ikut mengawasi semua proses pertanian. “Mulai dari mengawasi ketersediaan pupuk dan proses ditribusinya, mengawasi pembibitan, pengelolaan tanaman sampai sistem panen,” pungkasnya. (bw1/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO