Mahfud MD Ingatkan Jokowi: Jangan Korbankan Negara hanya untuk Seorang Arcandra

Mahfud MD Ingatkan Jokowi: Jangan Korbankan Negara hanya untuk Seorang Arcandra Mahfud MD bersama Bupati Pamekasan Muhammad Syafii saat menghadiri wisuda Akademi Keperawataan (Akper) di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (24/8)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Dr Mahfud MD mengingatkan para elit pemerintah – terutama Presiden Joko Widodo dan DPR - agar tidak mengorbankan negara hanya karena membela Arcandra Tahar (mantan menteri ESDM) dengan mengubah Undang-Undang (UU) dan membolehkan .

"Jangan korbankan negara hanya untuk kasus seorang Arcandra," kata Mahfud MD seusai menghadiri wisuda Akademi Keperawataan (Akper) di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (24/08).

Mahfud mengemukakan hal ini menanggapi pertanyaan wartawan tentang wacana pemerintah hendak melegalkan . Ketua Korps Alumni HMI (Kahmi) ini menjelaskan, status sudah pernah dibahas tuntas di DPR saat dirinya menjabat sebagai wakil rakyat.

Menurut Mahfud, saat itu diputuskan bahwa tidak boleh, karena hal itu menyangkut jadi diri bangsa dan komitmen terhadap negara.

"Kecuali kalau secara hukum memang mengharuskan dia ber," ujar dia.

Mahfud mencontohkan warga Indonesia yang beristri orang asing di luar negeri, dan anaknya lahir di luar negeri. "Itu kan hukum mau tidak harus ber demi si anaknya. Tapi setelah berumur 18 tahun, kewarganegaraan asingnya harus dilepas," tutur dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO