Kiat SMK Bojonegoro Hadapi MEA: Tingkatkan Skill Siswa, Gandeng Perusahaan

Kiat SMK Bojonegoro Hadapi MEA: Tingkatkan Skill Siswa, Gandeng Perusahaan Puluhan siswa SMK N 2 Bojonegoro saat sedang istirahat. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bojonegoro, mulai menyiapkan bursa khusus kerja bagi para siswa untuk menyambut program pemerintah, Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) agar setelah lulus bisa langsung bersaing dengan tenaga kerja lain.

Koordinator bursa khusus kerja SMK di Bojonegoro, Tuban dan Lamongan, Hidayat Rahman, mengungkapkan, penyiapan yang dilakukan yakni dengan menggandeng perusahaan agar siswa yang lulus sekolah bisa langsung bekerja.

"Rata-rata orientasi siswa masuk ke SMK ini karena setelah lulus sekolah bisa langsung bekerja," ujar dia, Sabtu (19/3).

Sekolah yang bekerja sama dengan perusahaan, yang dikoordinatori SMK Negeri 2 Bojonegoro itu ada 21 lembaga. Seminggu yang lalu, perusahaan kosmetik dari PT Paragon Teknologi dan Inovasi melakukan rekrutmen tenaga kerja bagi para pelajar kelas XII. Sekitar 1.227 siswa mengikuti tes tersebut.

"Target ke depan 80 persen sebelum lulus bisa direkrut perusahaan. Tahun ini 2016 sudah ada 12 siswa kelas XII yang sudah dikontrak oleh perusahaan Astra. Tinggal menunggu lulus," jelas dia.

Sementara, jumlah perusahaan yang bekerja sama dengan SMK totalnya sebanyak 167 perusahaan. Perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah biasanya melakukan perekrutan dengan ditentukan sesuai passing great perusahaan, bukan termasuk kuota.

"Jadi yang diterima yang sesuai greatnya perusahaan itu," ungkap dia. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO