Kadisdik Bojonegoro: Ujian Paket C Gratis, Laporkan Bila Ditarik

Kadisdik Bojonegoro: Ujian Paket C Gratis, Laporkan Bila Ditarik

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Seringnya terjadi pungutan liar (pungli) saat pelaksanaan Ujian Paket C, Dinas pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat. Warga diminta untuk melaporkan ke Dinas Pendidikan jika ada salah satu PKBM di Bojonegoro yang melakukan pungli, untuk diproses hukum.

Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro Hanafi mengatakan, menjelang pelaksanaan ujian rawan terjadi pungli dengan alasan biaya ini dan itu. Dinas Pendidikan akan tegas untuk memproses jalur hukum jika terjadi pungli.

"Jika ada PKBM yang melakukan pungli dengan alasan apapun maka mintalah bukti kwitansi dan segera laporkan ke Dinas Pendidikan, maka kami akan proses ke jalur Hukum," ungkap Hanafi, Sabtu (3/3).

Hanafi menambahkan, dalam pelaksanaan ujian Paket C nantinya gratis, peserta tidak boleh dikenakan tarif biaya apapun. Sehingga peserta bisa melaksanakan ujian dengan tenang tanpa terbebani dengan biaya.

Dalam pelaksanaan nanti, peserta kesetaraan paket C dipastikan akan dilakukan UNBK secara keseluruhan. Pada UN mendatang, rencananya akan diikuti sebanyak 3000 peserta Paket B dan C.

"Ujian paket C akan dilakukan bersamaan dengan ujian nasional tingkat SMA," ucapnya menambahkan. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO