Disperindag Bojonegoro Tata Ulang Zona Pendistribusian Pupuk

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pendistribusian pupuk bersubsidi oleh distributor Petrokimia Gresik di wilayah Bojonegoro ditata ulang. Penataan ulang zona distibutor itu tujuannya untuk optimalisasi penyaluran di tingkat kecamatan.

"Saat ini di seluruh wilayah Bojonegoro terdapat sembilan distributor pupuk bersubsidi," ujar Kepala Disperindag setempat Basuki, Senin (9/11).

Sembilan distibutor itu, kata dia, memiliki wilayah tanggung jawab berdasarkan kecamatan. Menurut dia, penataan itu sudah disampaikan kepada Petrokimia sejak awal tahun lalu dan sudah disetujui PT Petrokimia, namun baru mulai bulan ini diterapkan.

"Sebelumnya ada hanya ada enam distributor yang menanggung ketersediaan pupuk ditingkat kecamatan," paparnya.

Basuki menerangkan, sembilan distributor yang sudah dibentuk itu wajib menyediakan stok pupuk dua pekan kedepan sesuai alokasi di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Sementara kios tingkat kecamatan wajib memiliki stok sedikitnya satu minggu kedepan untuk wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

"Selain distributor, gudang penyangga pupuk juga kita tambah. Sebelumnya ada empat, saat ada lima. Kita tambah satu gudang di wilayah selatan Bojonegoro, tepatnya di Kecamatan Temayang," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Bojonegoro, Lasuri berharap, petaan ulang distribusi itu dapat menjamin ketersediaan pupuk di wilayah Bojonegoro. Sebab, selama ini distributor yang ada lokasi dan wilayahnya berjauhan.

"Misalnya warga Sumberejo sementara wilayah distribusinya di Kecamatan Bubulan," katanya.

Ia menambahkan, saat ini jarak domisili warga dengan lokasi distribusi hanya berjarak 40 kilometer (Km). Itu sesuai aturan pada rapat pertemuan pembagian zona distribusi beberapa hari kemarin. "Ini (40 Km,red) sudah ideal, biaya transportasinya juga tidak terlalu tinggi," pungkasnya. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO