Jumat, 19 April 2019 06:14

PT Wilmar Nabati Indonesia Batasi Wartawan Liput Kunker Menperin

Jumat, 17 April 2015 21:21 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Syuhud
PT Wilmar Nabati Indonesia Batasi Wartawan Liput Kunker Menperin
Satpam PT Wilmar lakukan penjagaan ketat di pintu masuk pabrik agar wartawan tidak masuk. (syuhud/BANGSAONLINE)

GRESIK (BANGSAONLINE.com) - Kunjungan Kerja (kunker) Menperin, Saleh Husin di PT Wilmar Nabati Indonesia (WNI) Gresik menuai protes sejumlah awak media yang bertugas melakukan peliputan di Kabupaten Gresik, Jumat (17/4). Sebab, pihak PT WNI sengaja membatasi wartawan yang diperbolehkan meliput kunjungan menteri kabinet Presiden RI, Joko Widodo tersebut. 

PT Wilmar membatasi hanya wartawan tertentu saja yang diperbolehkan masuk. Bahkan, pihak PT WNI menyiapkan beberapa satpam di pintu masuk pabrik untuk menghalau wartawan agar tidak masuk.

Beberapa awak media mengaku tidak tahu persis alasan managemen PT WNI melarang wartawan untuk meliput kegiatan Menperin. Padahal, kunjungan  Menperin itu tidak bersifat tertutup. "Saya tidak habis fikir, apa maunya Wilmar, sehingga melarang wartawan meliput kegiatan Menperin," cetus beberapa wartawan ketika berada di pintu masuk PT Wilmar.

Kabarnya, PT WNI sengaja membatasi hanya ada 10 media yang diperbolehkan masuk untuk meliput kunjungan kerja Menperin tersebut. Alasannya, kebijakan itu merupakan protap dari Kemenperin.

"Baru kali ini, ada protap hanya 10 wartawan yang boleh meliput. Padahal, kujungan presiden saja tidak pernah lakukan pembatasan wartawan yang meliput," kata Cak Geng, salah satu wartawan dengan nada dongkol.

Cak Geng mengaku mendaptkan informasi, kalau Staf Humas PT WNI, Wahib bilang kepada sejumlah wartawan, bahwa wartawan Gresik di luar 10 orang yang telah diizinkan meliput, hanya diperbolehkan masuk ke areal PT Wilmar. Namun, mereka tidak boleh masuk ke areal pabrik yang dikunjungi Menperin. "Katanya, kalau mau masuk kesini gak papa mas, tapi kalau sampai ke lokasi pabrik, mohon maaf kami memang dibatasi," ujar dia menirukan perkataan sejumlah wartawan.

Ditambahkan wartawan tersebut, Wahib meminta kepada sejumlah wartawan yang tidak bisa meliput kegiatan Menperin agar meminta data kepada wartawan yang diperbolehkan meliput. "Wahib mempersilahkan wartawan meminta share atau data ke wartawan yang diundang oleh PT WNI," pungkasnya.

Sayang, pihak PT WNI belum bisa dimintai klarifikasi terkait larangan sejumlah wartawan meliput kunjungan kerja Menperin tersebut. Ketika sejumlah wartawan mencoba menghubungi Wahib melalui telepon selulernya, tidak diangkat.

Menperin, Saleh Husin sendiri sesuai jadwal, Jumat (17/4) mengunjungi PT Karunia Alam Segar (KAS), pabrik pemroduski mie di Gresik dan PT WNI Gresik.

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...