Koalisi Besar Berpotensi Hadang Risma pada Pilwali Surabaya

Koalisi Besar Berpotensi Hadang Risma pada Pilwali Surabaya Tri Rismaharini. foto: bbc.co.uk

SURABAYA (BangsaOnline) - Beberapa partai politik berencana membentuk koalisi besar dalam Pemilukada Surabaya 2015. Wakil Ketua I DPC PKB Surabaya, Satuham Akbar, S.Ag, (18/3) mengungkapkan, koalisi terjadi apabila Walikota Surabaya Tri Rismaharini maju melalui jalur independen, dan PDIP juga mengajukan calon Walikota sendiri.

“Ketika Bu Risma berangkat sendiri, dan PDIP juga mengajukan calonnya, partai-partai lainnnya akan membentuk koalisi besar,” ujarnya. Menurut Satuham, munculnya rencana membentuk koalisi besar, setelah Tri Rismaharini terkesan tak tertarik dengan partai politik. “Partai politik bersatu melawan Bu Risma, setelah ia tak mau ke partai,” tegasnya saat diwawancarai di ruang fraksi PKB DPRD Surabaya.

Ketua PAC PKB Pabean Cantikan ini mengatakan, wacana membentuk koalisi besar dimotori oleh PKB dan Gerindra. Ia mengungkapkan, beberapa partai politik yang berkeinginan membuat koalisi besar, diantaranya PKB, Gerindra, Demokrat, dan PKS. Untuk menentukan siapa calon yang diusung, apabila masing-masing partai mengajukan calonnya, Satuham mengatakan, tergantung dari elektabilitas calon dan siapa yang lebih siap utuk maju dalam pesta demokrasi mendatang.

“Untuk pencalonan disepakati bersama siapa yang memenuhi syarat. Ia yakin koalisi besar akan memunculkan clon yang berkualitas,” katanya. Tenaga ahli FKB ini menjelaskan, untuk mengalang komunikasi besar, pihaknya intensif menjalin komunikasi dengan beberapa parpol. Namun demikian, hingga saat ini belum ada kesepakatan yang dihasilkan.

Satuham mengungkapkan, meski berencana membentuk kolisi besar, PKB juga melakukan komunikasi politik dengan PDIP. Ia bahkan menyatakan, PDIP akan menjalin koalisi dengan PKB dalam pemilukada nanti. “Dalam menghadapi Pemilukada nanti, Pak WS (Wisnu Sakti Buana) pernah menyatakan harus dengan PKB,” ungkapnya.

Namun, ia juga mengaku belum ada kesepakatan apapun dalam dua kali pertemuan antara pengurus PKB dan PDIP. Rencananya, pembicaraan koalisi dalam pemilukada antara PKB dan PDIP akan dilakukan, Kamis (19/3). “Sejauh ini belum ada kesepakatan, tapi besok (19/3) akan ada pertemuan lagi,” katanya.

Satuham mengaku, karena ada jalinan komunikasi antara PKB dengan PDIP, partai politik lainnnya pernah mempertanyakan arah politik partainya. “Gerindra pernah menanyakan, apakah PKB akan bersama koalisi besar atau PDIP?,” ujarnya.

Pria asal Madura ini menyatakan, apabila PKB berkoalisi dengan PDIP, kemungkinan koalisi besar tetap akan terjadi. Dan, Satuham memperkirakan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015 ini, akan ada tiga pasangan calon yang bersaing, masing masing adalah Tri Rismaharini, Calon Dari PDIP dan Koalisi besar Parpol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO